- Anak, Dunia Ibu

Waspadai Ciri-Ciri Anak Kurang Gizi yang Harus Diperhatikan!

Pertumbuhan anak-anak yang memiliki gizi cukup akan telihat baik dan sesuai dengan usia mereka. Namun, bagaimana dengan anak gizi buruk? Tentunya hal sebaliknyalah yang terjadi. Oleh sebab itu, Bunda harus perhatian dan memperhatikan ciri-ciri anak kurang gizi yang bisa saja menimpa buah hati Bunda. Apa saja ciri anak yang kurang gizi itu?

1. Kegagalan Masa Pertumbuhan

Salah satu ciri anak yang kurang gizi adalah kegagalan masa pertumbuhan. Maksudnya adalah berat dan tinggi badan si kecil tidak cukup atau tidak ideal. Ini disebabkan oleh nutrisi yang dikonsumsi si kecil tidak cukup. Nutrisi yang paling berperan dalam hal ini adalah lemak, protein dan kalori serta vitamin dan mineral.

2. Memiliki Berbagai Penyakit Kurang Nutrisi

Anak yang mengalami gizi buruk biasanya akan terserang penyakit kurang nutrisi. Ada dua jenis penyakit kurang gizi yang biasa menimpa. Pertama penyakit Maramus yang menyebabkan penurunan badan yang sangat cepat. Kedua adalah penyakit Kwashiorkor yang menyebabkan anak terlihat lesu dan memiliki warna rambut merah dan kasar.

3. Tidak Nafsu Makan

Anak yang mengalami gizi buruk biasanya memiliki nafsu makan yang bermasalah. Makin buruk kekurangan gizi yang mereka alami, makin parah juga masalah nafsu makannya. Mereka tidak akan tertarik dengan berbagai jenis makanan karena sistem pencernaannya yang tak baik dan respon terhadap makanan juga sangat lemah.

4. Lebih Mudah Sakit

Ini salah satu hal yang paling mudah dilihat. Anak yang memiliki gizi kurang akan jauh lebih mudah sakit. Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh anak yang dijaga oleh berbagai jenis vitamin dan mineral tidak baik. Ada beberapa penyakit yang biasanya menyerang anak gizi yang buruk ini. Beberapa di antaranya adalah diare panjang, sakit perut, dan sakit kepala.

5. Luka Tidak Cepat Sembuh

Anak yang mengalami luka namun tidak cepat sembuh juga bisa jadi salah satu ciri anak yang kurang gizi. Apalagi luka tersebut sampai menjadi borok. Itu menandakan gizi yang dikonsumsi anak juga buruk. Ini disebabkan tubuh si kecil tidak memiliki cukup lemak dan mineral untuk menutup jaringan luka tersebut.

Nah, apakah anak Bunda memiliki ciri-ciri anak kurang gizi di atas? Jika iya, segera lakukan pemeriksaaan dan konsultasilah dengan dokter. Tak mau, kan anak Bunda mengalami gizi buruk? Anak gizi buruk akan terganggu dalam banyak hal. Pastinya, ini juga buruk dengan perkembangannya, kan?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.