- Kehamilan

Tips Memilih Bidan untuk Melahirkan yang Cocok

Bunda berniat melahirkan dengan bantuan bidan? Ini memang salah satu solusi yang bijak bilamana Bunda tinggal di daerah yang jauh meski perbedaan melahirkan di rumah sakit dan bidan cukup besar. Ada tips memilih bidan untuk melahirkan yang bisa diterapkan agar dapat yang cocok dan mendapatkan pelayanan yang terbaik. Apa saja?

Pilih Bidan yang Sudah Memiliki Izin

Salah satu cara yang bisa Bunda terapkan dalam memilih bidan untuk melahirkan adalah memilih yang sudah memiliki izin atau surat sah dalam menjalankan praktik kebidanan. Izin tersebut harus dikeluarkan oleh pemerintah. Selain itu, cari tahu juga bidan tersebut lulusan mana dan apa saja rekam jejak dari bidan tersebut.

Untuk lebih aman, sebaiknya bidan yang Bunda pilih adalah Bidan Delima. Ini adalah sistem standarisasi kualitas bidan yang melakukan praktik swasta. Ini bisa Bunda jadikan patokan tindakan kebidanan yang baik karena telah sesuai dengan standar kode etik profesi dan bisa dipertanggungjawabkan juga.

Lokasi yang Dekat dengan Rumah

Cara lain yang bisa Bunda terapkan dalam memilih bidan yang cocok untuk melahirkan adalah yang memiliki lokasi praktik dekat dengan rumah Bunda. Maksud dari hal ini adalah untuk mempermudah Bunda bilamana waktu persalinan terjadi mendadak. Dengan begitu, Bunda bisa mendapatkan penanganan yang cepat oleh bidan tersebut.

Pilih yang Menerima BPJS

Bila Bunda tergabung dalam BPJS Kesehatan, sebaiknya pilihlah bidan yang menerima layanan BPJS ini. Tujuannya tentu saja agar biaya yang harus Bunda keluarkan tidak membengkak. Meski melahirkan dengan bantuan bidan, tetap ada biaya yang harus Bunda keluarkan dan jumlahnya juga cukup besar. Nah, BPJS ini pasti bisa membantu Bunda.

Tanyakan pada Orang yang Pernah Menggunakan Jasanya

Alangkah lebih baiknya Bunda menanyakan dulu seperti apa cara kerja dan seberapa sabar dan profesionalnya bidan tersebut pada yang sudah pernah menggunakan jasanya. Sebab, pengalaman ibu ini sangat baik untuk melihat seperti apa tingkah laku bidan tersebut. Bila baik dan sesuai kriteria Bunda, barulah pilih.

Itulah beberapa tips memilih bidan untuk melahirkan yang bisa Bunda terapkan. Memang, perbedaan melahirkan di rumah sakit dan bidan cukup signifikan karena banyak hal yang membedakannya. Namun, bila Bunda tak bisa menjangkau rumah sakit dalam waktu yang tepat, melahirkan dengan bidan yang dekat rumah Bunda pun tak masalah, kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.