- Menyusui

Tips Agar ASI Melimpah, Mudah Kok!

Apakah ASI dari Bunda tidak keluar dengan lancar atau bahkan tidak keluar sama sekali? Sedangkan, Bunda juga tidak ingin si buah hati minum susu formula dan melewatkan ASI? Nah, Bunda perlu mengetahui booster ASI alami untuk meningkatkan produksi ASI. Simak ulasan mengenai tips agar ASI melimpah berikut ini.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Karena ASI terbuat dari bahan dasar air, Bunda harus memperbanyak minum air agar ASI lancar, berkualitas, kental, dan juga melimpah saat menyusui si buah hati. Bunda juga sebaiknya minum air putih secara rutin dan bisa juga diselingi dengan jus buah atau sayur agar produksi ASI makin melimpah.

2. Sering Menyusui atau Memberikan ASI

Selain rutin minum air putih, tips agar ASI melimpah lainnya adalah memberikan ASI dengan frekuensi yang sering. Bunda tidak perlu kok, membuat jadwal secara khusus untuk memberikan ASI. Pada umumnya, bayi meminta air susu setiap 2 sampai 3 jam.

3. Konsumsi Makanan Penambah ASI

Ketika Bunda mulai akan menyusui si kecil, ada baiknya Bunda mengonsumsi sumber makanan pelancar ASI agar air susu Bunda keluar lancar dan banyak. Makanan yang dianjurkan adalah makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, vitamin, protein, dan mineral. Jangan membatasi jumlah makanan Bunda, agar ASI makin lancar.

4. Konsumsi Suplemen Penambah ASI

Jika memang benar-benar dibutuhkan, Bunda bisa juga mencoba suplemen penambah ASI untuk memperlancar produktivitas ASI. Suplemen penambah ASI tersebut bisa berupa herbal, lancar ASI kaplet, teh, atau berbagai suplemen lainnya. Sebelum mengonsumsi suplemen tersebut, ada baiknya Bunda mengkonsultasikan jenis suplemen ASI yang akan dikonsumsi.

5. Hindari Stres

Ternyata, suasana hati Bunda merupakan salah satu hal yang paling berpengaruh terhadap produksi ASI. Jika Bunda berada dalam kondisi yang tidak nyaman, maka produksi ASI bisa berkurang atau bahkan tidak keluar sama sekali. Maka, ada baiknya Bunda menghindari stress dan menjaga kondisi dan suasana hati Bunda agar produksi ASI tetap stabil.

Nah, itu dia ulasan mengenai tips agar ASI melimpah yang harus Bunda ketahui untuk meningkatkan produksi ASI. Selain itu, Bunda juga bisa menggunakan booster ASI alami untuk menstabilkan dan memperlancar keluarnya ASI. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir lagi saat ASI tidak lancar atau tidak keluar. Selamat mencoba tips-tips di atas ya, Bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.