Tidak Bisa Melahirkan Normal? Lakukan Persiapan Persalinan Caesar!
- Bayi, Dunia Ibu, Kehamilan

Tidak Bisa Melahirkan Normal? Lakukan Persiapan Persalinan Caesar!

Bunda tidak sendirian. Di dunia ini banyak pula yang melahirkan dengan operasi caesar. Berkat peralatan medis yang canggih dan persiapan persalinan caesar yang optimal, hasilnya sama dengan yang melahirkan secara alami. Persalinan caesar yang lancar tergantung sekali dengan persiapan-persiapan di bawah ini.

Komunikasi Baik-Baik dengan Dokter

Tidak dipungkiri, Bunda yang akan melahirkan dengan jalan caesar pada awalnya diselimuti ketegangan. Padahal kalau perasaan damai, proses persalinannya lancar-lancar saja. Sama seperti pepatah, “Tidak ada masalah yang besar. Seringkali kita yang mempersulit diri sendiri.” Yakinilah, Bunda, semua urusan pasti lancar. Yakin saja begitu.

Biar tambah yakin, komunikasikan baik-baik dengan dokter. Khusus buat Bunda yang melahirkan tanpa didampingi orang-orang terdekat, ajak bicara saja dokter yang menangani Bunda. Saat operasi, tak mengapa kalau Bunda mau mengobrol soal hobi sehari-hari di rumah atau lainnya. Intinya untuk mengalihkan perhatian pada prosesi operasi caesar.

Datang 3 Jam Sebelum Operasi Caesar

Buru-buru itu tidak bagus, Bun. Pasti akan diiringi rasa cemas, ragu, dan sebagainya. Untuk mencegah perasaan itu timbul, maka datanglah ke rumah sakit sekitar 3 jam sebelum operasi. Lebih lama juga tak mengapa. Asalkan Bunda nyaman saja. Soalnya kan sebelum operasi, harus ada yang perlu diurus-urus dulu. Biar tidak keteteran.

Misalnya seperti biaya administrasi, pemasangan infus, cek kondisi janin, dan lain-lain. Batas minimal untuk persiapan wajib dilakukan selama 2 jam. Kalau 3 jam sudah siap, itu lebih bagus. Saat semua sudah tenang, maka secara otomatis pula akan mengurangi tingkat keteledoran maupun sikap yang merugikan lainnya.

Sahur Dulu Sebelum Puasa

Sudah wajar kalau mau operasi itu diharuskan puasa. Biasanya pihak rumah sakit akan menyuruh pasiennya untuk berpuasa. Pada kisaran 6-8 jam sebelum operasi, Bunda tidak boleh mengonsumsi makanan maupun minuman. Kalau nekat makan dan minum, proses operasi bisa membahayakan janin Bunda. Jangan sampai, Bun.

Janin yang dioperasi saat Bunda tidak puasa akan muda menderita lemah jantung. Kalau tidak beruntung, bisa-bisa mati pada saat itu juga. Biar jadwal puasa ini lancar, pilih rumah sakit yang biasa menangani proses kelahiran dengan caesar. Perhatikan pula antreannya. Kalau terlalu panjang, lebih baik cari yang lebih longgar.

Persiapan persalinan caesar di atas wajib diterapkan kalau Bunda mau melihat sang buah hati lahir dengan selamat. Lakukan persalinan caesar sebaik mungkin. Pasti menyenangkan begitu melihat si kecil menangis untuk pertama kalinya. Kebahagiaan seorang Bunda terletak di sana. Seakan-akan kemewahan dunia menyatu dalam suara tangis si kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.