- Kesuburan

Kurang Subur? Ini Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria!

Jika bicara masalah kesuburan pria, ada lho makanan untuk meningkatkan kesuburan pria. Salah satu hal yang perlu diperbaiki pertama kali terkait kesuburan adalah memang tentang kesehatan dan  gaya hidup.

Jadi, jika memang saat ini suami masih memiliki gaya hidup yang tidak sehat, dorong ia untuk berubah. Lengkapi dengan makanan untuk meningkatkan kesuburan pria seperti yang mamagaol.com sajikan di bawah ini.

Jenis makanan di bawah ini kami sajikan dalam kelompok nutrisi, agar Bunda lebih mudah mengatur menu harian.

 

Nutrisi penting untuk kesuburan pria

 

1. Zinc

Kekurangan zinc dapat menurunkan level hormon testosteron dan menurunkan kesuburan pria. Zinc banyak terdapat pada daging merah, kerang, udang, dan daging rusa.

Sayangnya, zinc termasuk nutrisi yang paling mudah rusak ketika makanan dimasak atau diproses (untuk diawetkan atau diubah menjadi bentuk lain).

Cara paling mudah memang mengonsumsi mentah makanan yang mengandung zinc. Namun, untuk menghindari risiko kontaminasi bakteri atau virus toksoplasmosis, Bunda dapat menggunakan biji wijen, biji labu kuning, dan kacang polong sebagai sumber makanan yang kaya zinc.

 

2. Asam folat

Ya, tidak hanya Bunda yang butuh asam folat. Kekurangan asam folat pada pria dapat menyebabkan jumlah kromosom dalam sperma terlalu sedikit atau malah terlalu banyak.

Jika sebuah sel telur dibuahi oleh sperma yang abnormal seperti ini, potensi bayi lahir cacat (misalkan down syndrome) akan meningkat. Risiko kehamilan karena pembuahan sperma abnormal lainnya adalah keguguran.

Asam folat banyak terdapat pada kacang lentil, asparagus, dan bayam. Cukup konsumsi satu cangkir penuh sehari, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan asam folat.

 

3. Vitamin B12

Vitamin B12 sudah terbukti sebagai vitamin kesuburan pria. Bagi kebanyakan orang, jumlah vitamin B12 dalam tubuh tergantung dari kesehatan pencernaan. Sayangnya, hampir sebagian besar orang menderita kekurangan vitamin ini karena kebiasaan mereka mengonsumsi fast food.

Untuk memperbaikinya, Bunda bisa mengolah makanan yang berasal dari produk susu atau produk yang dihasilkan oleh hewan (telur dan daging).

Alternatif lainnya adalah mengonsumsi suplemen vitamin B12 untuk memastikan tubuh tercukupi dengan vitamin ini, seperti apa pun kondisi saluran pencernaan suami.

 

4. Vitamin C

Vitamin ini berguna untuk melindungi kerusakan sperma karena oksidasi. Vitamin C bermanfaat menjaga kualitas sperma para perokok dan mencegah pelekatan sperma.

Sayangnya, jenis vitamin ini juga sangat sensitif terhadap panas. Jadi, makanan sumber vitamin C harus dikonsumsi dalam kondisi segar.

Makanan yang mengandung vitamin C dan dapat meningkatkan kesuburan pria adalah pepaya, kubis brussel, brokoli, stroberi, jeruk, kiwi, bunga kol, kale, dan paprika.

Ingat ya, Bunda, pilihan sumber vitamin C di atas harus dikonsumsi dalam keadaan segar atau mentah.

 

5. L-Carnitine

Asam amino yang satu ini termasuk nutrisi penting untuk kesuburan pria. L-carnitine membantu sperma berfungsi semestinya. Selain itu L-carnitine juga menormalkan jumlah dan kulitas sperma.

L-carnitine banyak terdapat dalam kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran seperti okra, parsley, bawang putih, brokoli, asparagus, kubis brussel, kailan, dan bit merah.

 

6. CoQ10

CoQ10 berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sperma dari kerusakan. Setiap pria memiliki CoQ10 dalam tubuhnya. Sayangnya, jumlahnya menurun seiring bertambahnya usia.

CoQ10 membantu sperma hidup lebih lama. Nutrien ini bisa ditemukan dalam daging, ikan herring yang diawetkan, salmon, kacang pistachio, biji wijen, telur, stroberi, dan jeruk.

 

Tips tambahan

Untuk mengoptimalkan khasiat dari aneka makanan untuk kesuburan pria di atas, usahakan untuk memilih sayuran organik. Jika mungkin, hindari dulu makanan yang berasal dari kedelai yang dapat meningkatkan jumlah estrogen pada tubuh.

Jangan lupa, minta suami untuk konsumsi air putih lebih banyak dan selalu masukkan paling tidak satu jenis sayuran berdaun hijau dalam menu sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.