- Anak, Dunia Ibu

Sebenarnya, Bahaya MSG Itu Mitos Atau Fakta, Sih?

Saat ini, ada banyak kontroversi yang berkembang mengenai bahaya MSG. Ada yang bilang itu tak berbahaya, ada juga yang tidak. Bila Bunda ingin memberikannya pada si kecil, mungkin lebih baik tidak menggunakan MSG. Salah satu makanannya kaldu ayam non MSG yang rasanya pasti disuka si kecil. Nah, sekarang apa mitos mengenai MSG itu benar?

MSG Berbahaya?

Penyedap rasa atau MSG sampai saat ini memang digunakan di industri rumah tangga. Penyedap rasa ini bisa membuat makanan menjadi lebih gurih karena kandungan asam amino di dalamnya. Sebenarnya, asam amino ini bisa Bunda temukan nyaris di semua jenis makanan yang mengandung protein seperti susu, daging, ikan dan sayur.

Namun, sampai saat ini penggunaan MSG pada masakan memang masih diperdebatkan. Ada yang bilang itu berbahaya, ada juga yang tidak. Pada dosis normal, sebenarnya penggunaan MSG pada makanan tidak akan menyebabkan bahaya. Tidak ada efek samping yang akan berlaku pada para pemakannya. Kecuali, Bila Bunda menggunakannya dalam dosis besar.

Batas dosis yang berbahaya untuk dikonsumsi adalah 15 gram per kg berat badan. Kurang dari itu, MSG tidak akan menyebabkan bahaya apapun. Baik itu pada anak-anak ataupun pada orang dewasa. Jadi, Bunda tak perlu takut bila ingin menggunakannya sebagai bahan tambahan pangan untuk di rumah.

Alternatif Penyedap Lain Selain MSG?

Bila Bunda masih khawatir dengan penggunaan MSG pada makanan karena takut berbahaya, maka Bunda bisa menggunakan alternatif penyedap lain selain MSG yang aman. Salah satu bahan alternatif penyedap makanan yang bisa Bunda gunakan adalah gula. Padukan dengan garam agar rasa yang dihasilkan menjadi lebih gurih di lidah.

Namun ingat, jangan sampai berlebihan juga. Selain itu, Bunda juga bisa mencoba menggunakan bawang putih dan rempah lainnya. Lalu, penggunaan ebi sebagai penyedap makanan alami juga salah satu alternatif yang tepat. Rasa gurih dari ebi akan segera membuat makanan Bunda lebih enak. Terakhir, coba gunakan kaldu untuk menyedapkan makanan.

Nah, sekarang Bunda sudah tahu, kan? Bahaya MSG yang sebenarnya? Yup! Bila Bunda mengonsumsinya lebih dari batas yang disarankan, ini memang akan menimbulkan efek samping. Namun jika tidak, tak masalah. Bunda bisa memberikan makanan non MSG seperti kaldu ayam non MSG pada buah hati untuk makanan sehari-harinya yang sehat dan enak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.