- Bayi

Pijat Bayi: Waktu dan Cara Tepat Melakukannya

Untuk para ibu baru, mungkin Anda belum mengenal dengan baik tentang pengertian pijat bayi dan apa saja kegunaan dari pijat bayi tersebut.

Pijat bayi merupakan sebuah cara yang sudah dilakukan sejak lama untuk membuat bayi lebih merasa tenang dan akan memberikan dampak positif untuk tumbuh kembang fisik sang bayi. Dari penelitian yang sudah dilakukan, terbukti jika bayi prematur mendapat pijatan secara rutin, bayi akan mengalami peningkatan berat badan hingga mencapai 50 persen.

Pijat bayi juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan seperti pada saat memijat orang dewasa atau diri sendiri. Tubuh bayi yang masih sangat lemah membutuhkan perlakuan yang sangat lembut dan menyasar area yang tepat untuk melakukan pijatan tersebut. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk Anda.

 

 

Apa Saja Kegunaan Pijat Bayi?

Pijat bayi bisa sangat mudah dilakukan olah Anda atau pasangan sendiri di rumah, dan ternyata ada banyak manfaat pijat bayi yang berguna tidak hanya bagi bayi tetapi juga Anda sebagai orang tua.

 

1. Meningkatkan Perkembangan Bayi

Memberikan sentuhan penuh kasih sayang kepada anak akan membuatnya bisa merasakan kasih sayang sepenuhnya. Selain itu, bayi juga akan terlatih dalam memberi tanggapan mengenai stimulasi yang Anda berikan lewat sentuhan pijatan tersebut. Pijat juga meningkatkan kemampuan sosial sejak dini dengan kontak mata yang dilakukan selama memijat.

 

2. Tidur Bayi Lebih Nyenyak

Pijatan yang diberikan kepada bayi juga akan meningkatkan rasa nyaman dan meningkatkan kualitas tidur bayi agar jauh lebih nyenyak. Pijat sangat baik dilakukan, khususnya bagi bayi yang rewel saat akan pergi tidur.

 

3. Meningkatkan Pertumbuhan Bayi Lebih Sehat

Manfaat pijat bayi berikutnya adalah meningkatkan pertumbuhan bayi menjadi lebih sehat. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki bayi prematur, pemijatan yang dilakukan secara teratur bisa menstimulasi peningkatan berat badan sang bayi dan juga meningkatkan daya tahan tubuh bayi prematur.

 

4. Menguatkan Otot

Bayi yang lebih sering dipijat juga akan memiliki otot yang jauh lebih kuat dibandingkan bayi yang jarang dipijat. Dengan keadaan otot yang lebih kuat, tentunya proses tumbuh kembang bayi juga semakin meningkat sekaligus melancarkan aliran darah pada tubuh bayi.

 

5. Lebih Sering Menyusu

Beberapa ibu baru sering menghadapi bayi mereka yang kurang bersemangat saat menyusu dan tentu ini akan berpengaruh terhadap asupan nutrisi pada tubuh bayi. Pijatan yang diberikan pada bayi ternyata juga bisa meningkatkan frekuensi bayi untuk menyusu.

 

 

Tahap Melakukan Pemijatan Pada Bayi

Ada beberapa tips dan cara memijat bayi baru lahir agar teknik yang diterapkan bisa tepat guna dan bermanfaat untuk bayi, serta tidak menimbulkan kondisi lain yang tidak diinginkan.

 

1. Gunakan Minyak yang Tepat

Minyak yang akan digunakan untuk memijat haruslah dicocokkan dengan bayi. Caranya, oleskan sedikit minyak pada area tangan bayi. Jika tidak timbul reaksi yang aneh, hal ini menandakan minyak tersebut cocok dengan kulit bayi dan bisa digunakan. Beberapa komposisi minyak terbaik yang aman untuk bayi adalah minyak zaitun dan minyak mustard.

 

2. Awali dari Area Kaki

Cara memijat bayi baru lahir haruslah selalu diawali dari area kaki. Hal ini disebabkan karena area kaki tidak terlalu sensitif dibandingkan dengan bagian tubuh bayi yang lain. Gunakan pijatan lembut memakai gerakan melingkar dari bagian paha menuju pergelangan kaki bayi.

 

3. Pijat Area Perut

Langkah selanjutnya adalah menaikkan pijatan Anda di area perut dari arah atas menuju ke bawah. Selain itu, lakukan pijatan dari bagian kiri atas dan lanjutkan ke arah bawah dan geser menuju ke bagian kanan. Memijat area perut ini sangat baik untuk menghilangkan masalah perut seperti gas atau sembelit.

 

4. Pijat Area Punggung

Lanjutkan kembali dengan memijat area punggung bayi yang berguna untuk membuat tubuh bayi lebih nyaman dan relaks saat tidur. Pijat area punggung bayi dengan gerakan maju dan mundur di area punggung dan mulailah dari area bokong bayi menuju ke leher belakang dengan memakai gerakan melingkar.

 

5. Pijat Area Dada Bayi

Cara memijat bayi baru lahir lainnya adalah memijat pada area dada bayi yang dimulai dari area atas sampai bawah leher dan dilanjutkan ke bagian kanan dan kiri atas tulang selangka. Gunakan pijatan dengan gerakan seperti sedang menggambar bentuk ‘love atau hati dan kembali ke area ulu hati.

Pastikan Anda melakukan pijatan dengan hati-hati, lembut, dan penuh kasih sayang ya. Jadikan kegiatan pijat bayi ini sebagai sarana Anda untuk senantiasa dekat dengan buah hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.