- Kehamilan

Persiapan Melahirkan Caesar Tak Kalah Penting, Lho!

Sebagian Bunda sejak awal memang sudah diindikasikan tak dapat melakukan persalinan normal dan mau tak mau melakukan persalinan caesar. Bunda tetap harus melakukan persiapan melahirkan caesar sama baiknya dengan persiapan persalinan normal, ya! Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Bunda siapkan menghadapi persalinan caesar!

Konsultasi dengan Dokter

Sebelum melakukan persalinan, ada baiknya Bunda dan pasangan melakukan konsultasi dulu pada dokter. Tanyalah mengenai apa saja yang harus Bunda dan pasangan ketahui mengenai operasi caesar mulai dari tindakan operasi, tindakan perawatan dan tindakan pascaoperasi. Ingat, persalinan dengan caesar berbeda dengan normal.

Ada banyak tindakan medis yang harus dilakukan sebelumnya seperti tes urine dan tes darah serta pemeriksaan kondisi fisik Bunda juga. Dengan berkonsultasi pada dokter, Bunda bisa mendapatkan pengetahuan mengenai segala sesuatu yang harus dilakukan.

Persiapan Mental

Hal lain yang harus Bunda persiapkan dalam menghadapi persalinan caesar adalah persiapan mental. Banyak Bunda yang sebelum melakukan operasi caesar merasa takut dan khawatir. Oleh sebab itu, Bunda harus melakukan persiapan mental jauh-jauh hari agar bisa mengatasi ketakutan ini.

Ketakutan dan kekhawatiran akan caesar harus diatasi karena akan berpengaruh pada kondisi fisik Bunda. Tingkat kekhawatiran yang tinggi akan menimbulkan stres yang tinggi pula. Bila ini terjadi, tekanan darah Bunda akan tinggi dan tak bisa melakukan operasi itu juga.

Perlengkapan Ibu dan Bayi

Tentu saja, Bunda juga harus menyiapkan perlengkapan ibu dan bayi tatkala melahirkan nanti. Untuk perlengkapan ibu, Bunda harus menyiapkan pakaian yang nyaman, selimut, sandal dan perlengkapan mandi dan alat kebersihan seperti sisir. Selain itu, jangan lupa juga siapkan berbagai dokumen penting yang bisa diperlukan seperti kartu asuransi.

Bawalah barang sesuai kebutuhan, ya Bunda! Jangan berlebihan. Jangan membawa barang tak perlu seperti perhiasan saat proses ini. Untuk bayi, Bunda perlu melengkapi pakaian bayi, kain bedong, selimut, serta sarung tangan dan sarung kaki untuk menjaga kehangatannya. Jangan lupa juga, siapkan popok dan perlengkapan lain sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa hal yang harus Bunda persiapkan untuk menghadapi persalinan caesar. Persiapan melahirkan caesar lebih ribet dibanding persalinan normal karena ada banyak hal yang harus Bunda perhatikan serta lakukan sebelum dan sesudah melahirkan. Oleh sebab itu, persiapkan semua dari awal sehingga Bunda tak kesulitan dan repot nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.