Persalinan Normal Murah, Cek Biaya Persalinan di Bidan
- Bayi, Dunia Ibu, Kehamilan

Persalinan Normal Murah, Cek Biaya Persalinan di Bidan!

Kalau Bunda mau melahirkan, pilih di bidan atau langsung ke rumah sakit? Menurut para ahli, apabila kondisi persalinan normal, lebih baik bawa ke bidan dulu. Biaya persalinan di bidan juga lebih murah daripada ketika dibawa langsung ke rumah sakit umum. Selain itu, inilah keuntungannya apabila Bunda melahirkan buah hati di bidan.

Boleh Didampingi Sepanjang Persalinan dalam Waktu Lama

Inilah bedanya persalinan di bidan dengan yang ada di rumah sakit, Bun. Mayoritas, pihak rumah sakit tidak akan membiarkan siapa pun lama-lama menemani Bunda berjuang. Bunda akan berjuang sendiri sampai prosesnya selesai. Padahal dukungan dari orang-orang tercinta, semisal suami Bunda, dampak positifnya sangat banyak.

Bunda akan merasa hati lebih tenang pada masa-masa sulit itu. Hal ini sudah dibuktikan dalam beberapa studi kasus yang dilakukan oleh para ahli di tahun 1999. Dengan adanya dukungan dari orang-orang tercinta, potensi stres atau rasa sakit yang luar biasa itu akan teredam. Padahal kelihatannya sangat sederhana kan, Bun?

Menjaga Kualitas Kesehatan Bayi Bunda

Peralatan medis di rumah sakit memang sudah steril. Tapi tetap saja bisa membuat persalinan yang normal jadi berkurang karena saat itu kondisi saluran untuk melahirkan bayi rentan kena infeksi. Berdasarkan penelitian dari Universitas Columbia, persalinan dengan C-section faktanya bisa menyebabkan risiko penyakit celiac, asma, hingga diabetes pada anak.

Itu artinya yang menjadi korban juga bayi Bunda. Semua itu dikarenakan penularan bakteri dari Bunda ke bayi. Berbeda dengan persalinan alami di bidan. Selama proses persalinan, bakteri yang ada akan menjelajahi susu bayi. Begitu selesai, ASI ikut mempromosikan kolonisasi serta pematangan mikrobioma yang ada dalam usus bayi. Sama seperti imun.

Namun bukan berarti melahirkan di rumah sakit itu berbahaya semua. Bukan. Bahaya tersebut hanya rentan terjadi pada operas caesar. Apabila proses persalinan di rumah sakit berjalan alami, maka dampaknya juga sama saat Bunda melahirkan lewat tangan bidan. Hanya saja soal biaya memang lebih mahal.

Biaya Persalinan di Bidan Sangat Terjangkau

Proses persalinan di bidan itu murni berasal dari kesehatan Bunda. Sedangkan posisi bidan hanya membantu mengeluarkannya. Berbeda dengan ketika harus dioperasi caesar. Posisi pihak rumah sakit menjadi lebih utama ketimbang kesehatan Bunda. Oleh karena itu, wajar saja kalau biaya melahirkan di bidan berkisar 600 ribu hingga 1,5 juta Rupiah. Murah, kan?

Meskipun murah, biaya persalinan di bidan kadang masih saja ada yang merasa mahal. Padahal ketika bayi lahir dengan persalinan normal, itu tak ternilai harganya. Tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Khusus pada waktu jelang persalinan, jaga terus kondisi badan Bunda. Tetaplah sehat dan bugar begitu momen melahirkan bayi dimulai.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.