Pantangan Makanan Ibu Hamil Ini Betul Tidak Sih
- Kehamilan

Pantangan Makanan Ibu Hamil Ini Betul Tidak Sih?

Namanya ibu hamil, pasti akrab dengan yang namanya pantangan makanan ibu hamil. Makanan tersebut adalah makanan yang tidak boleh untuk ibu hamil dikarenakan orang berpikir makanan tersebut tak baik untuk janin dan Bunda. Tapi, sebenarnya apakah mitos mengenai pantangan makanan untuk ibu hamil itu benar adanya? Cek faktanya di sini!

MSG dan Makanan Berpengawet Berbahaya untuk Ibu Hamil?

Salah satu bahan makanan yang dilarang dimakan oleh ibu hamil adalah makanan yang mengandung MSG dan makanan yang berpengawet. Mitos ini sebenarnya betul adanya. Hanya saja, tergantung jumlah yang dikonsumsi. Jika Bunda mengonsumsinya dalam jumlah banyak, maka berbahaya untuk janin. Jika dalam jumlah wajar, tidak.

Berbagai bahaya yang disebabkan oleh makanan dengan MSG dan pengawet ini adalah bayi yang lahir autis. Lalu, buah hati Bunda juga bisa hiperaktif. Hal lain yang bisa terjadi karena mengonsumsi MSG dan bahan pengawet terlalu banyak adalah celebral palsy. Gangguan saraf pada janin juga akan mengalami gangguan bahkan bisa terhambat pertumbuhannya.

Makan Ikan Bisa Menyebabkan Bayi Berbau Amis?

Mitos makanan lain yang sangat erat hubungannya dengan ibu hamil adalah ibu hamil dilarang makan ikan. Sebab, menurut orang-orang ini bisa menyebabkan bayi berbau amis. Ini mitos dan pantangan yang salah besar. Semua bayi yang baru lahir berbau amis. Itu karena mereka kelyar bersama air ketuban.

Sebaliknya, ikan sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan bayi. Sebab, ikan tersebut kaya akan protein dan omega 3. Protein dan omega 3 ini baik untuk mendukung pertumbuhan organ, syaraf dan otak janin. Tapi ingat, pastikan ikan yang Bunda konsumsi harus dimasak dengan benar. Jangan memakan yang mentah karena berpotensi mengandung bakteri toksoplasmosis.

Durian Bisa Membuat Janin Kepanasan?

Pantangan makanan lain yang menurut kebanyakan orang tak boleh dikonsumsi adalah durian. Mereka mengatakan bahwa durian bisa membuat janin kepanasan. Ada benarnya pantangan yang satu ini. Sebab, durian yang terlalu matang mengandung gas an alkohol yang membuat tubuh terasa panas serta berbahaya untuk janin.

Itulah beberapa pantangan makanan ibu hamil yang selama ini berkembang di masyarakat. Makanan tersebut dianggap sebagai makanan yang tidak boleh untuk ibu hamil karena berbahaya untuk ibu dan bayi yang dikandungnya. Faktanya, tak semua mitos pantangan makanan tersebut benar adanya, Bunda! Bunda bisa mengecek kebenarannya sendiri di atas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.