- Kehamilan

Pahami Tahapan Persiapan Melahirkan Anak Pertama

Kelahiran anak yang ditunggu-tunggu memang sebuah hal yang mendebarkan. Apalagi, anak tersebut adalah anak pertama. Bunda harus melakukan persiapan melahirkan anak pertama terlebih dulu sebab sebenarnya tahapan persalinan berbeda dengan anak kedua dan seterusnya. Sebenarnya, seperti apa karakteristik dari persalinan anak pertama ini?

1. Kehilangan Berat Badan

Kebanyakan Bunda yang melahirkan anak pertama akan mengalami kehilangan berat badannya. Tak hanya sedikit, bahkan berat badan yang hilang bisa banyak juga. Tapi Bunda bisa tenang, kehilangan berat badan yang banyak ini tidak akan berpengaruh pada si kecil dalam kandungan. Hal ini terjadi pada Bunda yang mengalami naik drastis sebelumnya.

2. Kesulitan untuk Tidur

Karakteristik kelahiran anak pertama lain yang biasa dialami Bunda adalah kesulitan tidur. Ini sebenarnya juga dialami Bunda yang melahirkan anak kedua dan seterusnya, hanya saja untuk anak pertama lebih parah. Bunda harus bisa menemukan jalan yang tepat untuk mengatasi ini. Sebab, bagaimanapun Bunda butuh waktu untuk istrirahat yang cukup.

3. Mengalami Ciri Seperti Akan PMS

Ciri lain dari kelahiran normal anak pertama adalah mengalami ciri seperti akan PMS. Semua badan Bunda akan terasa pegal dan Bunda cenderung lebih mudah emosi juga. Ini adalah tanda akurat bahwa kelahiran sebentar lagi akan datang. Ini terjadi akibat aktivitas bayi yang mulai bersiap memasuki ruang panggul Bunda.

4. Kontraksi Palsu

Pada ibu hamil yang siap melahirkan bayi kedua dan seterusnya, kontraksi palsu biasanya terjadi tidak sering. Namun, pada ibu yang akan melahirkan anak pertama, kontraksi palsu ni lebih sering dirasakan. Kontraksi ini memicu rasa sakit yang tidak terlalu dan hanya bertahan selama beberapa menit saja sehingga kadang Bunda tak menyadarinya juga.

5. Nyeri Punggung Parah

Hal lain yang biasanya Bunda rasakan di nyaris waktu persalinan tiba adalah nyeri punggung yang parah. Baik anak pertama atau kedua, sebenarnya semua Bunda merasakannya. Perbedaannya hanya pada waktunya saja. Ini juga wajar mengingat otot dan sendi pada tubuh mulai bergeser dan meregang menyiapkan kelahiran.

Nah, itulah beberapa karakteristik dari tahapan persalinan anak pertama. Memang, rasanya mungkin sangat menyakitkan. Jauh lebih menyakitkan dibanding melahirkan anak kedua dan seterusnya. Oleh sebab itu Bunda harus melakukan persiapan melahirkan anak pertama yang salah satunya adalah dari segi mental. Dengan begitu, Bunda jadi lebih siap nantinya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *