- Kehamilan

Meski Kandungan Kuat, Hindari Bahaya Kehamilan Trimester 2 Ini!

Kehamilan Bunda sekarang memasuki trimester kedua? Wah, selamat! Sekarang berarti si janin sudah bisa berinteraksi dengan Bunda. Namun, meski saat ini kandungan Bunda sudah kuat, Bunda tetap harus hati-hati dan menghindari berbagai bahaya kehamilan trimester 2 akibat berbagai aktivitas yang tak baik. Aktivitas apa saja yang seharusnya tak dilakukan?

1. Tidur dengan Posisi Telentang

Salah satu hal yang tak boleh Bunda lakukan saat hamil di trimester kedua adalah tidur dengan posisi telentang. Selain bisa mengganggu kenyamanan Bunda, posisi ini juga bisa menyebabkan bayi tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Bila ini terjadi, risiko kematian atau keguguran akan sangat besar.

2. Olahraga dengan Risiko Tinggi

Hal lain yang tak boleh Bunda lakukan di kehamilan ini adalah berolahraga dengan risiko tinggi. Beberapa olahraga yang sebaiknya tak Bunda lakukan selama masa kehamilan ini adalah basket, tenis, bulu tangkis, berkuda dan lainnya. Bila Bunda melakukannya, risiko terhadap terganggunya perkembangan bayi akan sangat besar. Tak mau ini terjadi, kan?

3. Memakai Hak Tinggi

Wanita memang menyukai menggunakan hak tinggi. Namun, sebaiknya saat Bunda hamil hilangkanlah kebiasaan ini terlebih dahulu. Sepatu ini akan membuat berat badan Bunda bertopang pada satu sisi saja dan membuat tubuh Bunda tak stabil. Hal ini juga bisa meningkatkan risiko komplikasi pada Bunda dan si janin.

4. Mengonsumsi Obat Bebas

Pusing atau keluhan kurang nyaman lain umum dirasakan oleh ibu hamil meskipun sudah memasuki tahap trimester kedua. Namun Bunda sama sekali tak boleh mengonsumsi obat bebas. Selain berbahaya untuk Bunda, juga berbahaya untuk si janin. Obat bisa masuk ke janin lewat plasenta dan bisa menyebabkan si bayi komplikasi.

5. Merokok

Tentu saja, merokok. Hal ini sangat tidak disarankan untuk dilakukan ibu hamil. Asap rokok bisa menyebabkan bayi dalam kandungan terkena meningitis sejak lahir. Selain itu, risiko lain yang bisa dihadapi bayi Bunda bila Bunda merokok adalah berat badannya yang kurang atau kelahiran prematur.

Itulah beberapa hal yang sebenarnya tak boleh Bunda lakukan di kehamilan trimester kedua. Penyebab bahaya kehamilan trimester 2 seperti di atas mungkin Bunda anggap sepele dan tak masalah untuk dilakukan. Namun, untuk menjaga agar bayi dan Bunda tetap sehat dan selamat, jangan pernah menganggap semuanya enteng ya, Bunda! Tetaplah hati-hati!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.