- Pra Kehamilan

Membedakan Pendarahan Pasca Melahirkan yang Normal dan Berbahaya

Pendarahan pasca melahirkan memang hal yang lumrah. Umumnya, ini disebut dengan nifas. Namun jangan salah, pendarahan di masa ini ada yang normal dan ada juga yang tidak, lho Bunda! Untuk itu, Bunda harus tahu seperti apa pendarahan yang berbahaya saat setelah melahirkan agar tak terjadi masalah yang serius pada rahim dan organ intim Bunda!

Ciri-Ciri Pendaraahn Setelah Melahirkan yang Berbahaya

Salah satu ciri dari pendarahan setelah melahirkan yang berbahaya dan patut Bunda waspadai adalah pendarahan yang jumlahnya lebih dari 500 ml setiap harinya. Jika satu atau dua hari pasca melahirkan, ini wajar. Tapi, jika sudah lewat beberapa hari dan masih sebanyak itu, Bunda wajib waspada. Ini bisa terjadi karena perlukaan jalan lahir.

Penyebab lainnya adalah bisa karena tertinggalnya sebagian ari-ari atau terlepasnya sebagian ari-ari di dalam rahim. Ciri lainnya dari pendarahan pasca melahirkan yang berbahaya adalah suhu tubuh yang meningkat drastis. Bila di 24 jam pertama, ini adalah hal yang wajar karena disebabkan oleh dehidrasi selama proses melahirkan.

Namun, bila lewat Bunda wajib waspada. Lalu, bila Bunda mengalami sakit kepala, penglihatan kabur dan pembengkakan wajah, ini juga salah satu ciri yang wajib diwaspadai. Bunda wajib melakukan pemeriksanaan segera. Lalu, perasaan yang tak menentu alias depresi juga wajib diperhatikan karena itu juga berpengaruh dengan pendarahan.

Bagaimana Membedakannya dengan Pendarahan Setelah Melahirkan yang Normal?

Cara membedakan pendarahan setelah melahirkan yang normal dan tidak sebenarnya cukup mudah. Pada pendarahan yang berbahaya, biasanya darah yang keluar dari vagina berbau busuk. Sedangkan pada pendarahan normal umumnya tidak. Pendarahan setelah melahirkan umumnya memang berwarna merah terang. Namun, bila lewat 4 hari akan berubah warna.

Nah, bila telah lewat dari 4 hari dan darahnya masih berwarna merah terang, ini juga tanda-tanda bahwa Bunda mengalami pendarahan yang berbahaya. Paling jelas, Bunda bisa melihatnya dari intensitasnya. Pendarahan yang tak normal dan berbahaya umumnya keluar secara berlebihan bahkan kadang berbentuk gumpalan. Sedangkan yang normal tidak.

Nah, sekarang Bunda sudah tahu seperti apa ciri dari pendarahan pasca melahirkan yang tak normal alias berbahaya yang harus Bunda waspadai, kan? Bila hal ini terjadi pada Bunda, jangan pernah menunda untuk menemui dokter atau bidan, ya Bunda! Segera atasi dan jangan sampai pendarahan bertambah hebat sehingga membahayakan nyawa Bunda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.