- Dunia Ibu, Kehamilan

Melahirkan di Air Katanya Tidak Sakit, Benarkah?

Ada yang bilang, melahirkan di air itu tidak sakit. Paling tidak, tidak semenyakitkan melahirkan normal. Apakah itu benar? Bisa jadi iya. Bunda bisa melakukan persiapan melahirkan normal tanpa rasa sakit yang kentara dengan beberapa alternatif persalinan yang lebih mudah dan bisa membuat Bunda lebih nyaman. Apa saja alternatif metodenya?

1. Home Birth

Ini adalah salah satu alternatif melahirkan yang bisa dicoba untuk persalinan tanpa rasa sakit kentara. Namun, untuk melakukan ini, Bunda harus memenuhi syaratnya yakni sehat jasmani secara keseluruhan, memiliki kehamilan normal dan tak berisiko, tidak ada diabetes dan tekanan darah tinggi serta tidak pula mengandung anak kembar agar aman.

2. Water Birth

Ini adalah jenis alternatif melahirkan yang katanya paling tidak sakit di antara persalinan normal. Metode ini dilakukan di dalam air hangat untuk mengurangi rasa sakit akibat kontraksi. Bunda harus berada dalam air semenjak kontraksi awal, jangan keluar sampai proses bukaan selesai dan bayi Bunda pun keluar.

3. Hypno Birth

Cara lain yang bisa Bunda gunakan sebagai alternatif melahirkan yang tak sakit adalah hypno birth. Proses kelahiran dengan metode ini menggunakan kekuatan sugesti. Biasanya, Bunda akan dibantu dengan musik, video, pemikiran dan kata-kata positif dari pemandu pikiran sehingga bisa lebih santai dan Bunda bisa mengendalikan napas dan diri selama persalinan.

4. Akupuntur

Akupuntur umumnya memang digunakan untuk menyembuhkan penyakit secara herbal. Namun, melahirkan dengan cara akupuntur juga bisa jadi cara baik agar tidak sakit. Jarum-jarum tipis yang ditempatkan di titik-titik strategis tubuh akan membantu menyeimbangkan aliran energi alami sehingga bisa mempermudah proses persalinan si kecil.

5. Melahirkan Berdiri

Cara lain yang bisa Bunda lakukan adalah dengan melahirkan berdiri. Cara ini dianggap bisa menghilangkan rasa sakit dan nyeri. Ada baiknya Bunda mengubah posisi dan bergerak selama proses persalinan agar membantu Bunda lebih nyaman dan mengurangi rasa sakit. Dengan begini, Bunda bisa mengendalikan diri serta menjaga asupan oksigen untuk bayi.

Nah, itulah beberapa metode persiapan melahirkan normal tanpa rasa sakit yang bisa Bunda lakukan. Salah satu yang paling populer dilakukan adalah melahirkan di air. Namun, sebelum Bunda memilih salah satu cara di atas, sebaiknya Bunda konsultasi dulu dengan dokter kandungan Bunda. Dengan begitu, berbagai hal buruk bisa dihindari jika ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *