- Dunia Ibu, Kehamilan

Manfaat Susu Kedelai bagi Ibu Hamil, Plus Jenis Susu Lainnya

Bagi ibu hamil, mengonsumsi susu kehamilan diperlukan. Tentu tujuannya untuk memenuhi gizi bayi yang dikandung dan Bunda sendiri. Salah satunya adalah susu kedelai. Ada banyak manfaat susu kedelai bagi ibu hamil atau produk susu lainnya seperti yakult untuk ibu hamil yang bisa Bunda rasakan. Apa saja manfaatnya? Apa juga produk susu lainnya itu?

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Biasanya, ibu hamil hanya mengonsumsi susu dari susu sapi saja. Jarang ada ibu hamil yang mengonsumsi susu kedelai selama kehamilannya. Padahal, susu kedelai ini sangat banyak manfaatnya bagi ibu hamil. Salah satunya adalah untuk menutrisi jantung. Susu kedelai banyak mengandung lemak tak jenuh. Ini bagus untuk mencegah kolesterol pada ibu hamil.

Selain itu, susu kedelai juga bisa membantu penyerapan kalsium. Susu kedelai mengandung bahan fotoestrogen yang bisa membantu penyerapan kalsium tersebut dengan baik sehingga bagus untuk jaringan tulang. Manfaat lainnya adalah untuk mencegah tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Itu dikarenkan kandungan asam omega 3 dan omega 6 yang dikandungnya.

Selain itu, ternyata susu kedelai juga bisa mencegah obesitas pada ibu hamil. Memang, penambahan berat badan pada ibu hamil adalah hal yang wajar. Itu seiring dengan bertambah beratnya janin. Namun, jika berlebihan, itu juga tak bagus. Nah, dengan mengonsumsi susu kedelai ini juga bisa jadi solusi untuk mengontrol kenaikan badan tersebut.

Manu Olahan Susu Lain?

Selain susu kedelai, masih ada jenis susu lain yang bisa Bunda konsumsi selama masa kehamilan. Kebanyakan dari susu tersebut sudah diolah lagi namun tetap mengandung beragam komponen nutrisi yang penting untuk bayi dan Bunda. Salah satu olahannya adalah yogurt. Makanan ini selain baik untuk pencernaan dan tulang juga bisa memperbaiki mood.

Krim susu juga bisa Bunda jadikan makanan olahan susu yang nikmat. Bunda bisa menikmatinya sembari makan roti atau salad yang pastinya sangat baik untuk Bunda dan janin. Semua olahan susu itu masih mengandung berbagai zat baik untuk tubuh. Salah satunya adalah vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium untuk metabolisme.

Nah, ternyata mengonsumsi susu selama masa kehamilan itu bagus, kan? Tak masalah apakah itu susu sapi atau kedelai ataupun produk turunannya. Manfaat susu kedelai bagi ibu hamil sangat beragam, bahkan kandungannya ada yang lebih baik dari susu sapi. Olahan susu seperti yakult untuk ibu hamil juga bagus dikonsumsi karena banyak manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *