- Kehamilan

Manakah Alat Kontrasepsi Paling Aman?

Alat kontrasepsi wanita wajib digunakan bila tak ingin hamil atau punya momongan dalam suatu waktu. Ada banyak jenis alat kontrasepsi yang bisa Bunda gunakan. Namun, bila mencari alat kontrasepsi paling aman, maka IUD atau KB spiral adalah yang paling aman. Kenapa? Untuk lebih jelasnya, cek di sini!

Paling Sedikit Efek Sampingnya

Dibanding pil atau suntik, KB IUD adalah alat kontrasepsi wanita yang paling sedikit efek sampingnya. Biasanya, alat kontrasepsi akan menyebabkan risiko hipertensi dan penyakit kardiovaskular. Namun, IUD tidak. Kekurangan dari penggunaan KB spiral ini hanya rasa tak nyaman pada wanita yang mengenakannya.

Ketidaknyamanan pun hanya akan terjadi pada awal-awal pemasangan saja. Selebihnya, tidak akan terasa. Selain itu, pada beberapa orang juga timbul efek samping seperti kram perut dan pendarahan saat menstruasi. Bisa juga posisi alat IUD itu bergeser. Namun, ini sangat jarang terjadi karena persentasenya kecil sekali..

Kelebihan KB IUD adalah metode pemasangannya yang mudah dan Bunda tak perlu repot-repot untuk meminum pil atau suntik dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, KB ini juga bertahan paling lama di antara yang lain. Bila dilepas, ini tak akan mengganggu kesuburan. Bunda bisa hamil dengan cepat setelah KB IUD ini dilepas.

Kelebihan Lainnya?

Selain kelebihan di atas, masih ada lagi kelebihan lain yang bisa Bunda rasakan dengan memakai alat KB yang ini. Salah satunya adalah tingkat keamanannya dari risiko kehamilan yang sangat tinggi. Persentase kegagalannya hanya sekitar 0.2% saja. Bandingkan dengan risiko pil yang mencapai 9% dan kondom yang lebih dari 18%.

KB jenis ini juga mampu bertahan paling lama di antara yang lain. Bunda hanya perlu memasangnya sekali dan ini bisa bertahan 5 hingga 10 tahun kemudian. Dengan begitu, Bunda tak perlu repot minum pil atau suntik KB terus-terusan. Memang, harganya terbilang mahal. Tapi, asal mendapat perlindungan menyeluruh dan maksimal, tak masalah, kan?

Nah, Bunda sudah tahu apa alat kontrasepsi paling aman yang bisa digunakan, kan? Risiko efek samping yang bisa terjadi sangat kecil. Hanya 0,05% saja untuk yang paling berbahaya. Risiko ini jelas jauh lebih kecil dibanding alat kontrasepsi wanita yang lain. Harganya memang lebih mahal. Tapi, Bunda bisa mendapat perlindungan terbaik dengan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.