- Kehamilan

Macam-Macam Alat Kontrasepsi dan Penjelasannya untuk Bunda

Bagi Bunda yang berniat tak menambah momongan dalam waktu dekat, harusnya tahu macam-macam alat kontrasepsi dan penjelasannya mana yang paling bagus. Tentu saja, Bunda juga harus tahu pengertian alat kontrasepsi yang merupakan alat pencegah kehamilan. Lalu, apa saja jenisnya? Cek di sini!

1. Pil KB Kombinasi Progestin dan Estrogen

Salah satu alat kontrasepsi yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah pil KB kombinasi progestin dan estrogen. Pil ini memiliki kelebihan bisa mengurangi pendarahan saat menstruasi, mengurangi gejala PMS dan membuat siklusnya lebih teratur. Hanya saja, pil KB ini bisa meningkatkan risiko hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

2. Pil KB Progestin

Selain itu, ada juga pil KB progestin. Kelebihan dari pil KB jenis ini adalah tidak menimbulkan efek samping berupa hipertensi dan penyakit kardiovaskular. Pil KB ini juga sangat cocok untuk Bunda yang sedang menyusui. Hanya saja, pil ini bisa meningkatkan berat badan dan membuat siklus haid menjadi tak lancar serta risiko penyakit menular.

3. KB IUD

Jenis lain yang bisa Bunda pakai untuk menunda kehamilan adalah KB IUD. Alat kontrasepsi ini menggunakan metode use and forget dan sangat mudah digunakan. Bunda juga tak repot meminum dan suntik dalam waktu tertentu karena ini bisa tahan 5 hingga sampai 10 tahun. Kekurangannya adalah posisinya yang bisa bergeser dan membuat pendarahan.

4. Kondom

Alat kontrasepsi lain yang bisa digunakan adalah kondom. Alat kontrasepsi ini bisa digunakan untuk pasangan Bunda dan punya kelebihan seperti dapat mencegah penularan penyakit kelamin dan sangat mudah digunakan. Sedangkan kekurangannya, bisa menimbulkan alergi pada beberapa orang dan hanya bisa digunakan sekali saja.

5. Spermisida

Ini adalah alat kontrasepsi yang efektif untuk Bunda yang menginginkan perlindungan sementara saja. Spermisida ini adalah zat kimia yang digunakan untuk merusak sperma. Alat kontrasepsi ini biasanya berbentuk krim, jeli, atau busa. Kekurangannya adalah masa perlindungan yang hanya kurang dari satu jam dan tak bisa mencegah penyakit menular.

Nah, sekarang Bunda sudah tahu macam-macam alat kontrasepsi dan penjelasannya serta pengertian alat kontrasepsi masing-masing, kan? Di antara yang di atas, sebaiknya sebelum menggunakannya, Bunda dan pasangan berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan atau bidan, ya! Tujuannya tentu saja agar mendapat yang paling cocok untuk Bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.