- Kesuburan

Ketahui 10 Pantangan Makanan Agar Cepat Hamil untuk Wanita

Saat merencanakan kehamilan, sebaiknya Bunda perlu mengetahui pantangan makanan agar cepat hamil. Tidak hanya sehat secara fisik, tubuh Bunda pun harus bersih dari zat-zat yang berbahaya untuk tubuh.

Berikut ini adalah makanan yang dilarang untuk program hamil:

 

1. Ikan dengan kandungan merkuri tinggi

Beberapa ikan mengandung merkuri lebih banyak dibanding jenis yang lain. Kelompok ikan bermerkuri tinggi antara lain marlin, king mackerel, dan bigeye tuna,

Merkuri yang berlebih di dalam darah dapat mengganggu konsepsi, baik pada pria atau wanita. Jadi, bila Bunda suka seafood, pilihlah rajungan, salmon, sardi, cumi, atau anchovie.

 

2. Lemak trans

Lemak trans banyak terdapat dalam chips, roti yang menggunakan mentega putih, dan popcorn yang diolah dengan microwave. Lemak trans dapat menyebabkan inflamasi dan resistensi insulin.

 

3. Makanan yang dapat menaikkan kadar gula darah

Agar dapat hamil, seorang wanita dituntut untuk memiliki tubuh yang sehat. Karena itu, jenis makanan yang dapat menaikkan kadar gula darah termasuk dalam makanan yang dilarang untuk program hamil.

Beberapa makanan yang termasuk dalam kelompok ini adalah kentang rebus, jelly bean, kurma, dan roti putih.

Sebagai gantinya, pilih pasta, beras merah, dan roti gandum (roti dari bahan gandum utuh). Biasanya roti tersebut berwarna kemerahan dan agak kasar.

 

4. Produk susu rendah lemak

Susu rendah lemak, yoghurt, dan produk susu rendah lemak lainnya bisa mengandung androgens, salah satu hormon yang biasa terdapat pada tubuh pria. Hormon ini biasanya tertinggal dalam makanan saat lemaknya dihilangkan.

Kandungan androgens dalam tubuh wanita dapat mengganggu siklus menstruasi.

 

5. Keju yang tidak dipasteurisasi

Beberapa keju, seperti keju Raquefort (keju biru) tidak dibuat melalui proses pasteurisasi. Makanan jenis ini bisa saja mengandung bakteri listeria yang bisa menyebabkan keguguran janin.

 

6. Makanan mentah

Siapa yang tidak kenal dengan lalapan? Sayangnya, kebersihan lingkungan saat ini tidak bisa menjamin produk yang kita konsumsi bebas dari mikroorganisme, seperti toksoplasmosis.

Ibu yang terjangkit toksoplasmosis sebelum hamil biasanya berpotensi menurunkan penyakit ini kepada anaknya. Toksoplasmosis berbahaya bagi janin karena dapat menyebabkan hydrocephalus atau kondisi abnormal lainnya.

Pantangan makanan agar cepat hamil lainnya adalah seafood yang tidak dimasak atau setengah matang, daging setengah matang, juga telur mentah.

Makanan tersebut bisa saja sudah terkontaminasi dengan bakteri colliform, salmonella, dan toksoplasmosis.

 

7. Daging yang diproses

Daging yang telah diproses menjadi daging asap dan hot dog juga rentan terkontaminasi bakteri listeria. Karena itu, jika ingin mengonsumsi daging tersebut, panaskan terlebih dahulu.

 

8. Kopi

Bunda penyuka kopi? Santai saja. Bunda tidak harus berhenti total dari minum kopi, kok. Hanya batasi konsumsi kopi Bunda paling banyak 2 cangkir setiap hari.

Terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa menimbulkan masalah kesuburan. Plus jika kemudian kehamilan terjadi, kafein bisa mengganggu penyerapan zat besi oleh tubuh, membuat Bunda mudah dehidrasi, serta meningkatkan risiko keguguran atau pre-eklampsia.

 

9. Alkohol

Jika diundang ke pesta atau gala dinner, sebaiknya mintalah alternatif minuman selain minuman beralkohol.

Alkohol mempertinggi risiko menstruasi yang tidak teratur, sel telur tidak berovulasi sempurna, dan hormon estrogen dan level progesteron yang tidak normal. Kesemua hal tersebut tentu menyulitkan terjadinya konsepsi.

 

10. Soda

Soda biasanya telah ditambah dengan gula buatan atau bahan pengawet lainnya. Selain itu, soda juga terlalu banyak mengandung sodium. Meskipun itu soda rendah lemak, atau diet soda, tetap saja sebaiknya Bunda hindari.

 

Masih banyak makanan dan minuman lain yang aman dan tetap dapat Bunda konsumsi. Rasanya pun tak kalah nikmat. Jangan menyerah dan tetap semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.