- Dunia Ibu, Kehamilan

Keputihan di Trimester Kedua Kehamilan, Bahayakah?

Keputihan pada ibu hamil adalah hal yang wajar. Ada banyak penyebab keputihan pada ibu hamil. Namun, biasanya keputihan ini hanya terjadi di trimester awal kehamilan saja. Lalu, bagaimana jika keputihan di trimester kedua juga terjadi? Jangan takut dulu. Sebelumnya, Bunda harus tahu apa yang menyebabkan keputihan itu terjadi dan bagaimana cara atasinya!

Penyebab Keputihan saat Hamil

Apakah keputihan pada saat hamil adalah sebuah masalah? Nah, seperti yang sudah diketahui tadi, hal ini adalah normal. Ada banyak hal yang menjadi penyebabnya. Salah satunya adalah infeksi jamur yang menyerang organ intim. Banyak orang yang mengatakan bahwa keputihan pada ibu hamil terjadi karena perubahan hormonal. Padahal, sebenarnya tidak.

Kebanyakan penyebab keputihan tersebut adalah perubahan pH alami di dalam organ intim yang disebabkan oleh hormon. Ini membuat tumbuhnya jamur dan parasit yang mengakibatkan munculnya keputihan. Lalu, bisa juga dikarenakan infeksi bakteri vaginosis. Keputihan karena penyebab yang satu ini dikarenakan rusaknya lingkungan organ intim.

Pada saat itu, terjadilah infeksi dan menyebar di komponen organ intim dalam. Lazimnya, keuputihan ini tidak berbahaya. Namun, bila keputihan tersebut menunjukkan tanda yang berbeda dari biasa, misalnya saja berbau, menimbulkan rasa gatal berlebihan pada zona kewanitaan serta rasa nyeri saat buang air kecil, Bunda wajib waspada.

Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan saat Hamil?

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa ibu hamil lakukan untuk mengatasi keputihan ini. Paling penting adalah selalu menjaga kebersihan organ intim. Bersihkanlah tiap kali selesai buang air kecil atau besar dan jangan lupa membasuhnya dengan cara yang benar. Cara tersebut adalah dari arah depan ke belakang. Selain itu, pakailah dalaman dari bahan katun.

Bahan ini akan mudah meresap keringat sehingga tak membuat jamur tumbuh. Hindarilah penggunaan sabun mandi atau sabun lainnya yang mengandung soda ke alat kewanitaan Bunda. Sebab, mereka bersifat antiseptik dan bisa membunuh bakteri baik. Hindari juga penggunaan pantyliner karena bisa menjadi sarang kuman yang membuat keputihan parah.

Itulah beberapa hal yang harus Bunda lakukan bila terjadi keputihan di trimester kedua. Ada banyak penyebab keputihan pada ibu hamil. Tapi, sebenarnya Bunda tak perlu terlalu khawatir bila hal ini terjadi. Pastikan saja keputihan yang terjadi seperti keputihan pada normalnya. Itu berarti keputihan yang terjadi bukan jenis keputihan yang berbahaya, Bunda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.