- Dunia Ibu, Kehamilan, Pernikahan

KB Kalender Setelah Melahirkan, Efektifkah?

Ada saja orang yang malas menggunakan alat kontrasepsi seperti pil dan IUD untuk melindunginya dari kehamilan. Mereka lebih memilih menggunakan KB kalender setelah melahirkan untuk menentukan masa subur. Pengalaman KB kalender dari banyak orang sebelumnya mereka jadikan alasan. Bunda juga demikian? Simak dulu tentang KB ini!

Kontrasepsi Alami

Penggunaan KB kalender atau metode ritme kalender sebenarnya sah-sah saja. Dulu, ini juga banyak digunakan orang, lho! Ini adalah jenis kontrasespi alami untuk mencegah kehamilan tanpa efek samping sedikitpun. Hanya saja, dalam menggunakan metode KB yang ini, Bunda harus benar-benar jeli dan tepat dalam menentukan riwayat menstuasi.

Setelah melahirkan, Bunda wajib melacak riwayat mentruasi untuk memprediksi kapan waktunya ovulasi tiba. Nantinya, hasil ini akan menentukan kapan peluang paling besar Bunda bisa hamil. Setidaknya, ada waktu sekitar 5 hingga 7 hari dalam satu fase mentruasi yang aman untuk berhubungan seks tanpa risiko hamil yang bisa Bunda manfaatkan.

Dengan metode ini, Bunda bisa memperkirakan kapan waktu yang tepat berhubungan seks bila ingin hamil dan kapan waktu yang tepat bila tak ingin hamil. Namun, sekali lagi, untuk bisa menggunakan ini, Bunda harus tekun dan catatannya harus cermat dan akurat. Bila tidak, ini bisa saja tak bisa melindungi Bunda dari kehamilan berikutnya.

Bagaimana Cara Menghitungnya?

Bunda pasti tahu bahwa siklus menstruasi ini terbagi dalam tiga fase. Pase pertama adalah infetilitas, lalu periode subur dan terakhir masa infertilitas pasca ovulasi. Perhitungannya, hari pertama siklus mentruasi masuk pada hari pertama masa infertilitas. 12 hingga 16 hari kemudian, adalah masuknya masa subur yang bila berhubungan sek saat ini, akan hamil.

Jadi, kapan waktu terbaik untuk berhubungan seks? Mudah saja menghitungnya. Ketahui saja kapan hari pertama dan terakhir Bunda mentruasi. Hari aman tersebut jatuh pada 1 hingga 7 hari masa mentruasi dan hari ke 21 hingga hari ke 28 masa mentruasi Bunda. Hanya saja, metode ini kurang efektif bagi Bunda yang punya masa haid tidak teratur.

Nah, sekarang Bunda sudah mengerti bagaimana KB kalender setelah melahirkan? Sah-sah saja menggunakan ini asal Bunda yakin bisa dengan cermat menghitungnya. Pengalaman KB kalender dari banyak orang sebelumnya bisa Bunda jadikan contoh. Hanya saja, bila Bunda tak yakin dengan perhitungan, sebaiknya pilih KB yang lebih aman seperti pil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.