- Menyusui

Jangan Ragukan Lagi Besarnya Manfaat ASI

Bunda, sudahkah memberikan ASI pada si kecil? Manfaat ASI berlimpah bagi perkembangan si kecil. Tak hanya untuk sang bayi, manfaat menyusui untuk kesehatan Ibu juga ada lho Bunda! Lalu, apa saja manfaat memberikan ASI pada si kecil lain yang bisa Bunda dan bayi rasakan?

1. Berat Badan yang Ideal

Manfaat ASI pertama membantu si kecil mencapai berat badan yang ideal. Biasanya, bayi yang diberikan ASI akan tumbuh dengan bobot yang normal karena kadar insulin di dalamnya lebih rendah dari susu formula. Oleh dari itu, ASI dianggap penting diberikan pada si kecil.

2. Tulang Bayi yang Kuat

Manfaat ASI lainnya pada memperkuat tulang si kecil. Bayi yang diberi ASI hingga usia tiga bulan bahkan lebih akan memiliki tulang leher dan belakang yang jauh lebih kuat dibanding yang diberi susu formula. Bahkan, lebih kuat dibanding bayi yang diberi ASI kurang dari itu.

3. Berperan dalam Kecerdasan Otak Bayi

Selain itu, ASI juga berperan penting dalam kecerdasan otak anak. Kandungan asam lemak yang ada dalam ASI memiliki peran penting dalam meningkatkan kecerdasan si kecil. Ini juga membantu menjalin ikatan emosional antara Bunda dan si kecil.

4. Metode Kontrasepsi Alami

Bagi Bunda, menyusui bisa jadi salah satu alat kontrasepsi pencegah kehamilan. Yah, meskipun ini hanya berlaku sebentar saja, paling sekitar 4 bulan setelah melahirkan. Hisapan ASI dari si kecil akan merangsang hormon prolaktin. Inilah yang menghambat terjadinya pematangan sel telur sehingga kesuburan Bunda terganggu,

5. Ungkapan Kasih Sayang Ibu pada Bayi

Dengan menyusui, akan terjalin hubungan batin yang kuat antara si kecil dan bayi. Ini dikarenakan si kecil terus menempel pada tubuh Bunda saat menyusui. Saat itu, mereka juga bisa merasakan detak jantung dan dekapan Bunda sehingga membuatnya lebih dekat dengan Bunda.

Ada banyak manfaat ASI untuk sang bayi dan manfaat menyusui untuk kesehatan ibu. Oleh karena itu, memberikan ASI adalah pilihan utama untuk ibu. ASI eksklusif disarankan diberikan hingga bayi berusia 6 bulan. Tujuannya tentu saja untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Jadi, usahakan untuk terus memberikan ASI pada si kecil, ya Bunda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.