Ini Makanan Persiapan Melahirkan yang Disarankan
- Kehamilan

Ini Makanan Persiapan Melahirkan yang Disarankan

Masa-masa menunggu persalinan adalah masa yang menegangkan namun menyenangkan. Di saat ini, Bunda harus menjaga kesehatan dan stamina agar bisa melahirkan dengan baik. Disarankan, bunda mengonsumsi makanan persiapan melahirkan untuk menambah energi menjelang dan saat melahirkan nanti. Apa saja makanan dan minuman yang disarankan itu?

Apa yang Harus Dimakan Menjelang Melahirkan?

Sebenarnya, tak ada batasan makanan apa yang harus Bunda konsumsi. Semua makanan sama asal terjaga kebersihannya. Namun, alangkah lebih baik bila Bunda memilih untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Jenis makanan yang banyak mengandung karbohidrat ini mampu dicerna dengan baik dan bisa memberikan energi besar.

Namun ingat, makanlah sedikit demi sedikit tapi sering. Bisa juga makan sebelum proses melahirkan berlangsung atau di masa kontransi awal terjadi. Beberapa makanan yang mengandung banyak karbohidrat itu adalah roti, sereal, kentang, pasta, biskuit, sop hingga puding susu. Selain itu, Bunda juga bisa mengonsumsi buah yang mengandung karbohidrat.

Salah satu buah yang paling disarankan untuk dikonsumsi ibu yang hendak melahirkan adalah buah pisang. Ini adalah pilihan pertama yang paling baik. Jika tak bisa, Bunda bisa mencoba mengonsumsi apel saja. Selama masa menunggu kelahiran ini, hindarilah makanan yang mengandung banyak lemak. Hal ini bisa membuat kinerja perut lemah saat melahirkan.

Apa yang Harus Diminum Menjelang Melahirkan?

Tak hanya makanan saja yang harus Bunda konsumsi selama masa menunggu kelahiran ini. Minuman juga harus diperhatikan. Salah satu minuman paling disarankan untuk dikonsumsi menjelang persalinan adalah yogurt. Namun, pilihlah yogurt yang memiliki kadar lemak yang rendah. Yogurt jadi pilihan yang baik karena mengandung karbohidrat yang cukup banyak.

Alternatif minuman baik lain selain yogurt dan air putih, Bunda bisa mencoba mengonsumsi teh herbal yang dicampur dengan madu. Selain bisa menambah tenaga, minuman ini juga bisa membuat Bunda merasa lebih tenang. Selain itu, Bunda juga bisa konsumsi minuman yang manis tapi jangan terlalu manis. Hindari minuman bersoda selama masa ini juga, ya Bunda!

Nah, itulah minuman dan makanan persiapan melahirkan yang bisa Bunda konsumsi selama menunggu masa persalinan. Namun, semua makanan dan minuman di atas berlaku untuk persalinan normal saja, bukan persalinan caesar. Oleh sebab itu, sebaiknya Bunda konsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk makanan dan minuman yang dikonsumsi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.