- Kesuburan

Ini Dia 8 Makanan Penyubur Sperma Agar Cepat Hamil

Sedih tak kunjung punya momongan karena sperma suami disebut kurang berkualitas? Ada lho makanan penyubur sperma agar cepat hamil.

Tahukah Bunda, faktanya satu dari 6 pasangan mengalami kesulitan untuk mendapatkan momongan. Penyebabnya karena kualitas dan/ atau kuantitas sperma dari suami yang kurang baik. Sebagai solusi, seorang nutrisionis, Isabel Orgone, membagikan ide 8 makanan penyubur sperma agar cepat hamil.

 

8 Makanan Penyubur Sperma Agar Cepat Hamil

Jurnal kesehatan Healthista menyebutkan kualitas dan kuatintas sperma pasangan sangat mempengaruhi cepat tidaknya seseorang mendapat keturunan. Namun dari kedua hal tersebut, tentu saja kualitas sperma lebih penting dibanding kuantitasnya.

Sperma sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan. Salah satunya karena radikal bebas. Karena itu untuk memperbaiki kualitas sperma pasangan, Bunda bisa menyajikan jenis-jenis makanan yang mengandung antioksidan.

Berikut delapan jenis di antaranya:

 

1. Tomat

Makanan murah meriah ini mengandung licopen yang berfungsi sebagai antioksidan. Licopen disebut mampu meningkatkan aktivitas dan kemampuan ‘berenang’ sperma (motility).

Bunda bisa menyajikan tomat sebagai jus, pasta, atau olahan lain. Jika mungkin, tambahkan sedikit olive oil. Licopen termasuk ke dalam lemak yang larut dalam minyak. Dengan menambahkan olive oil, kandungan bagus tomat ini akan mudah diserap oleh tubuh.

 

2. Kacang kenari atau walnut

Kacang kenari termasuk dalam makanan super. Makanan ini mengandung asam lemak omega 3 yang dipercaya mampu meningkatkan kemampuan berenang, bentuk, serta struktur sperma.

Tujuh puluh lima gram kacang walnut (kurang lebih satu genggaman tangan orang dewasa), merupakan makanan penambah sperma kental.

Sajikan kacang walnut sebagai taburan salad, penambah cita rasa, atau camilan di sore hari untuk mengatur level gula dalam darah.

 

3. Biji labu kuning

Di sini kita banyak menjumpai biji labu kuning dalam bentuk kuaci. Kandungan zinc dalam labu kuning berperan penting dalam pembentukan sperma dan produksi hormon testosteron.

Labu kuning juga kaya akan vitamin dan mineral esensial. Gunakan sebagai taburan salad, sereal, atau smoothies.

 

4. Lentil

Lentil merupakan sumber alami asam folat. Baik pria ataupun wanita, sebetulnya membutuhkan asam folat untuk menjaga fertilitasnya. Selain itu lentil juga dipercaya sebagai makanan penambah sperma kental.

Kekurangan asam folat pada pria dapat menyebabkan abnormalitas kromosom pada sperma. Jika pasangan merupakan vegetarian, Bunda dapat mejadikan lentil sebagai pengganti sumber protein dan serat.

 

5. Blueberry

Blueberry merupakan sumber kuesertin dan resveratrol. Keduanya adalah jenis mineral dalam makanan yang banyak digunakan dalam dunia medis untuk memperbaiki kualitas sperma, baik dari segi jumlah, ataupun kekentalannya.

Bunda dapat mengolahnya sebagai smoothies, topping yoghurt, atau dicampur dengan kacang walnut sebagai penambah cita rasa.

 

6. Air

Ya, ini adalah cara yang paling mudah untuk meningkatkan kualitas sperma. Sperma merupakan cairan yang sebagian besar kandungannya adalah air. Mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan akan meningkatkan ejakulasi dan produksi sperma.

Jadi, ingatkan suami untuk selalu mencukupi kebutuhan cairannya ya, Bunda. Oya, sementara keluarkan dulu kopi dan soft drink dari daftar minuman jika Bunda memang ingin membantu suami meningkatkan kualitas spermanya.

 

7. Dark Chocolate

Cokelat hitam (populer disebut dark chocolate) banyak mengandung asam amino L-arginine yang mampu meningkatkan jumlah sperma, ejakulasi, dan kemampuan sperma berenang.

Semakin hitam cokelat yang dokonsumsi, akan semakin baik. Usahakan untuk mengonsumsi paling tidak 85 gram cokelat setiap harinya.

Baca juga: Ciri-ciri Sperma Buruk dan Penyebab Turunnya Kualitas Sperma

 

8. Buah Delima

Buah delima juga dimasukkan ke dalam kategori super food karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Selain untuk meningkatkan sirkulasi darah, buah delima juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan berfungsi sebagai antiinflamasi.

 

Demikianlah sejumlah makanan penyubur sperma agar cepat hamil. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.