- Pra Kehamilan

Ini 4 Makanan yang Harus Dihindari Agar Cepat Hamil

Sering kita mendengar banyak nasihat tentang makanan yang harus dihindari agar cepat hamil. Apalagi jika Bunda sedang berusaha untuk mendapatkan keturunan.

 

Daftar makanan yang harus dihindari selama program hamil

Jika saat ini Bunda sedang berusaha untuk mendapatkan keturunan, sangat penting untuk menyiapkan fisik dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi penting untuk kehamilan. Mengonsumsi makanan sehat meningkatkan kesempatan untuk hamil dan juga melahirkan bayi yang sehat.

Namun beberapa makanan ternyata cukup berbahaya bagi pasangan yang sedang berusaha untuk mendapatkan keturunan. Beberapa makanan tersebut adalah:

 

1. Susu yang tidak dipasteurisasi

Jika Bunda saat ini sedang merencanakan kehamilan, jauhilah susu dan keju yang tidak dipasteurisasi.

Pasteurisasi adalah pemanasan pada suhu tinggi selama waktu tertentu (biasanya sebentar saja) yang ditujukan untuk membunuh bakteri dan spora bakteri pembawa bibit penyakit (bakteri patogenik).

Umumnya, kita tidak pernah tahu kapan hari pertama janin mulai terbentuk dalam tubuh kita. Karena itulah, wajib bagi Bunda untuk menjauhi makanan yang mungkin menghalangi pertumbuhan calon janin. Mengonsumsi produk susu yang tidak dipasteurisasi juga dapat menyebabkan Bunda sakit.

Salah satu contoh makanan dalam kategori ini adalah keju lunak, seperti keju biru, camembert, atau queso blanco. Selain produk susu, sebaiknya hindari juga jus yang tidak dipasteurisasi. Lebih baik pilih buah utuh atau buat jus sendiri di rumah.

 

2. Makanan mentah atau daging setengah matang

Suka mengonsumsi steak dan sushi, Bunda? Bagaimana jika selama program ini, Bunda tinggalkan kedua makanan tersebut? Daging setengah matang atau sushi bisa saja mengandung bakteri salmonella yang tidak hanya berbahaya untuk Bunda tetapi juga calon janin nanti.

Jika Bunda penyuka hotdog, pastikan daging pengisinya dimasak matang penuh. Saat membakar daging atau lauk hewani lainnya, pastikan jus daging benar-benar terbuang semua, guna memastikan tidak ada bakteri yang menempel pada makanan yang Bunda masak.

 

3. Ikan dengan kandungan merkuri tinggi

Beberapa jenis ikan mengandung merkuri yang biasanya tinggal di dalam tubuh selama satu tahun lebih setelah Bunda mengonsumsi makanan tersebut. Merkuri tidak hanya merupakan racun tubuh. Zat ini juga berbahaya untuk janin jika tidak berapa lama sejak Bunda mengonsumsi ikan, Bunda dinyatakan hamil.

FDA menyarankan untuk menghindari ikan todak (swordfish), ikan tilefish, hiu, dan tenggiri (king mackerel) .

 

4. Makanan berkafein

Sudah bukan rahasia lagi, kafein merupakan salah satu ‘musuh’ bagi ibu hamil atau ibu yang sedang menanti kehamilan.

Kafein dianggap berbahaya karena dapat mengurangi jumlah sel telur dan meningkatkan risiko keguguran. Kafein juga berperan sebagai stimulan yang dapat menaikkan tekanan darah dan detak jantung. Kafein sendiri bersifat diuretik. Mengonsumsi makanan berkafein umumnya akan memicu Bunda untuk lebih banyak berkemih sehingga Bunda berpotensi dehidrasi.

Kafein umumnya terdapat pada teh, kopi, minuman bersoda, cokelat, dan beberapa obat yang dijual di pasaran.

 

Itulah 4 macam makanan yang harus dihindari agar cepat hamil. Selain menyiapkan kondisi fisik, jangan lupa juga menyiapkan kondisi mental Bunda ya.

 

Sebisa mungkin jauhilah stres. Stres dapat memengaruhi bagian hipotalamus, kelenjar yang memengaruhi emosi dan selera makan, serta hormon yang mengatur kapan ovarium harus melepaskan sel telur.

 

Jadi, jalani program kehamilan Bunda dengan santai, iringi dengan doa. Jika telah tiba waktunya, percayalah, tawa si kecil pasti akan segera hadir memeriahkan keluarga kecil Bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.