- Kehamilan

Hubungan Intim saat Hamil Tua Perlancar Persalinan, Benarkah?

Ada mitos bahwa melakukan hubungan intim saat hamil tua itu bisa memperlancar persalinan. Apakah yang dikatakan orang-orang ini benar? Ada banyak wanita yang ragu melakukan hubungan intim saat hamil 9 bulan karena takut akan keselamatan bayinya. Sebenarnya, mana yang benar? Cek faktanya di sini!

Amankah Berhubungan Intim saat Hamil 9 Bulan?

Bila ada yang bertanya berbahayakah berhubungan intim saat hamil tua, jawabannya tidak. Di satu studi di Amerika, setidaknya, ada lebih dari 1000 wanita hamil yang berpartisipasi dalam penelitian ini dan mereka sudah hamil di atas 38 bulan. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa hubungan intim menjelang persalinan aman.

Hubungan intim saat hamil 9 bulan malah disarankan. Karena hal itu mampu menginduksi persalinan karena kandungan prostaglandin pada sperma pasangan. Ini bisa memicu kelahiran yang lebih mudah dan tidak mengganggu. Ini bisa Bunda lakukan bilamana Bunda tidak menderita kondisi tertentu yang mengharuskan Bunda sangat berhati-hati pada berbagai hal berisiko.

Apa Manfaat dari Berhubungan Intim saat Hamil 9 Bulan?

Seperti yang sudah disinggung, berhubungan intim saat hamil tua bisa memicu kelahiran yang lebih mudah karena kandungan prostaglandin pada sperma. Kandungan prostaglandin ini akan membantu membuka jalan lahir bayi sehingga proses persalinan menjadi lebih mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

Selain itu, berhubungan intim juga bisa melepaskan hormon endorpin, oksitosin dan DHEA. Ketiga hormon ini ternyata bermanfaat untuk mendorong pengerahan serat otot pada ibu hamil saat kontraksi terjadi. Selain itu, ketiga hormon ini juga bisa membuat Bunda lebih rileks dan tak tegang saat menghadapi proses persalinan sehingga lebih kuat.

Lebih lanjut lagi, ternyata ketiga hormon ini juga bermanfaat untuk menguatkan otot dan tulang Bunda ketika proses melahirkan. Lagipula, sebenarnya baik saat hamil ataupun tidak, berhubungan intim punya manfaat yang baik untuk fisik dan psikis pelakunya. Oleh sebab itu, tak masalah bila Bunda ingin melakukan hubungan intim meskipun sudah hamil tua.

Nah, ternyata mitos tentang hubungan intim saat hamil 9 bulan bisa mempermudah persalinan itu benar adanya. Jadi, Bunda tak perlu ragu dan takut lagi bila ingin melakukan hubungan intim saat hamil tua. Disarankan, hubungan intim dilakukan secara teratur sejak minggu ke 35. Tapi, jika Bunda punya risiko penyakit tertentu, hal ini tidak berlaku, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.