- Dunia Ibu, Kehamilan

Diabetes pada Ibu Hamil, Bisa Sembuh Tidak?

Banyak penyakit yang sering mengintai ibu hamil. Salah satunya adalah diabetes pada ibu hamil. Penyakit ini bisa berakibat fatal bagi Bunda dan janin yang dikandung bila tak dilakukan pengobatan. Pengobatan diabetes gestasional bisa saja dilakukan. Nah, bagi Bunda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang diabetes ini, cek di sini!

Dampak Diabetes Gestasional pada Ibu Hamil

Sebelumnya, Bunda harus tahu dulu apa itu diabetes gestasional. Diabetes ini adalah penyakit yang umum dialami oleh ibu hamil walaupun sebenarnya sebelum hamil tidak pernah menderita diabetes. Hal ni bisa terjadi karena kadar gula yang terlalu tinggi pada ibu hamil dan perubahan hormon pada saat kehamilan.

Namun tenang, diabetes ini biasanya akan segera sembuh pasca melahirkan. Jadi Bunda bisa menarik napas lega. Meski begitu, tetap saja Bunda harus hati-hati. Penyakit ini bisa membahayakan kesehatan Bunda saat hamil dan meningkatkan risiko Bunda mengalami komplikasi di saat ini. Selain itu, juga memiliki dampak buruk untuk janin seperti keguguran.

Dampak lainnya yang bisa Bunda alami adalah risiko tinggi untuk melahirkan sehingga sangat dianjurkan untuk melahirkan dengan cara operasi ceasar. Kelahiran bayi prematur juga bisa jadi salah satu dampak dari penyakit ini. selain itu, bagi Bunda yang tak bisa menjaga asupan makanan selama kehamilan, risiko terkena diabetes mellitus tipe 2 juga besar.

Lalu, Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Ini?

Sebenarnya, tak perlu pengobatan yang ketat dalam mengatasi penyakit yang satu ini. Sebab, penyakit ini berkemungkinan besar sembuh setelah Bunda melahirkan. Namun, meski begitu bukan berarti Bunda bisa sembarangan. Bunda harus melakukan banyak hal agar penyakit ini tak bertambah parah dan berdampak pada Bunda dan kehamilan.

Hal yang harus Bunda lakukan adalah menerapkan pola makan sehat dengan membatasi asupan makanan yang mengandung karbohidrat dan gula tinggi. Lalu, Bunda juga harus olahraga secara teratur dan lakukanlah pemeriksaan kehamilan secara rutin. Selain itu, pantau juga kadar gula darah setiap hari dan konsultasi pada dokter bila kadar gula tetap tinggi.

Nah, sekarang Bunda sudah mengetahui tentang diabetes pada ibu hamil yang sering menyerang, kan? Bunda memang tak bisa melakukan pengobatan diabetes gestasional pada ibu hamil. Tapi, Bunda bisa mengontrolnya agar tidak menyebabkan dampak yang buruk pada diri Bunda dan janin yang dikandung dengan cara di atas. Benar, kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.