- Kehamilan

Daftar Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil

Hai Bunda, masih suka jajan selama jeda makan besar? Memang menjadi hal yang wajar jika kehamilan, terutama menginjak trimester akhir, Bunda akan semakin mudah merasa lapar. Sayangnya, di antara cemilan sehat untuk ibu hamil seperti biskuit ibu hamil, banyak juga jajanan yang tidak sehat lho, Bun. Lebih baik, Bunda coba cemilan-cemilan sehat berikut.

Yoghurt

Cemilan sehat pertama yang paling direkomendasikan untuk ibu hamil adalah yoghurt. Bunda pasti suka dengan rasanya yang asam, manis, dan menyegarkan. Yoghurt akan semakin baik untuk Bunda jika pembuatannya tidak menggunakan perasa lain dan tidak banyak pakai gula.

Bunda bisa membuat cemilan sehat ini semakin sedap dan enak kalau dibuat smoothies. Caranya, Bunda hanya perlu mencampurkan yoghurt ini dengan buah potongan, jus buah, atau sayuran seperti daun bayam, kangkung, dan seledri. Yoghurt juga bisa menjadi cemilan pendamping yang klop jika disandingkan dengan biskuit untuk ibu hamil.

Kandungan probiotik yang tinggi di dalam yoghurt sangat besar manfaatkan untuk Bunda. Salah satunya adalah menekan pertumbuhan bakteri jahat penyebab infeksi. Tapi, satu manfaat ini berdampak pada banyak manfaat lainnya. Di antaranya yaitu menurunkan risiko persalinan prematur, eksim, dan alergi pada Bunda maupun janin di dalam kandungan.

Popcorn

Cemilan yang satu ini bukan hanya asyik buat teman nonton di bioskop atau jajanan anak, lho. Bunda juga pasti suka dengan cemilan sehat ini. Bunda bisa pesan popcorn tanpa pewarna, MSG, pemanis buatan, serta rendah mentega dan garam. Syarat-syarat penting itulah yang menjadikan popcorn aman untuk dijadikan menu ngemil Bunda.

Apalagi, cemilan ini juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Jadi, masalah meningkatnya frekuensi sembelit yang biasa dialami oleh ibu hamil, akan semakin menurun dengan popcorn. Kemudian untuk gula, sebaiknya tidak terlalu banyak juga penggunaannya.

Cracker, Apel, dan Selai Kacang

Cemilan ketiga yang merupakan kombinasi cracker gandum yang renyah, segarnya irisan apel, dan gurihnya selai kacang ini memang terlihat sangat nikmat. Salah satu cemilan terbaik untuk ibu hamil ini memiliki kandungan nutrisi yang lengap, karena dari protein, serat, dan lemak sehat, semuanya tercampur di sini.

Siapkan cracker gandum, olesi 1-2 sendok makan selai kacang, kemudian beri irisan apel. Sebaiknya, pilih selai yang dibuat dari kacang almond atau mete. Sedangkan untuk buah apelnya bisa diganti dengan pir, stroberi, pisang, atau buah-buahan lain yang Bunda suka.

Selama ngemil biskuit ibu hamil atau cemilan sehat untuk ibu hamil yang lainnya, Bunda juga harus ingat untuk tidak berlebihan. Karena, Bunda bisa kekenyangan sebelum jam makan besar. Membatasi cemilan dan makan besar (bukan berarti harus diet), membuat Bunda terhindar dari kolesterol jahat. Jadi, Bunda bisa melahirkan buah hati dengan selamat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.