- Kesuburan

Ciri-ciri Sperma Buruk dan Penyebab Turunnya Kualitas Sperma

Saat si kecil tidak kunjung datang di tengah-tengah keluarga, mungkin para pria mulai berpikir tentang ciri-ciri sperma buruk.

Faktor suami juga tidak kalah pentingnya dalam kehamilan. Faktanya, 1 dari 5 pasangan menikah memiliki masalah kehamilan disebabkan oleh sperma yang buruk.

Sperma disebut buruk apabila kualitas dan/ atau kualitasnya tidak sesuai dengan standar yang diharapkan. Ciri-ciri sperma buruk bisa diketahui melalui pemeriksaan medis. Pada saat pemeriksaan, akan diadakan penghitungan jumlah sperma setiap mililiter, ukuran bentuk sperma, kemampuan berenang (motility), dan vitalitas sperma.

Di luar sana mungkin Anda sering mendengar jika sperma encer merupakan salah satu ciri-ciri sperma buruk. Pada kenyatannya, sperma encer bukan merupakan ciri-ciri sperma buruk.

Sperma encer bisa disebabkan karena terlalu sering ejakulasi, stres, kurang istirahat, atau malah terlalu banyak aktivitas.

 

Penyebab Kualitas Sperma Jelek

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab kualitas sperma jelek, yaitu:

 

1. Memiliki gangguan ejakulasi dan orgasme

Gangguan ejakulasi ini dapat berupa ejakulasi dini, disfungsi ereksi, dan komplikasi yang merupakan efek samping dari terapi atau operasi.

 

2. Varikokel atau varises testis

Seorang pria disebut mengalami varikokel jika terdapat benjolan pada testisnya. Terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah di testis. Karena itu varikokel kadang disebut juga dengan varises testis.

Varikokel dapat menghalangi keluarnya sperma dan menyebabkan jumlah sperma yang dibutuhkan untuk pembuahan berkurang.

Varikokel dapat terjadi di semua umur pria. Namun kasus yang paling banyak terjadi pada pria mulai usia 30-an tahun.

Jika tidak segera ditangani, varikokel dapat menyebabkan kemandulan. Dokter biasanya akan melakukan bedah ringan untuk menyembuhkan penyakit ini.

Baca juga: Apa Saja Ciri-ciri Masa Subur Pada Pria? Cari Tahu di Sini!

 

3. Testis kecil

Testis kecil biasanya merupakan penyakit bawaan lahir dan bersifat genetik (terjadi karena faktor keturunan).

Testis kecil akan menyebabkan tubuh sulit untuk memproduksi testosteron. Dokter umumnya akan bekerja sama dengan ahli genetik lain untuk memastikan kemungkinan penyembuhan dari penyakit ini.

 

4. Suka mengonsumsi makanan yang berisiko menurunkan kualitas sperma

Meskipun ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab kualitas sperma jelek, makanan menyumbang faktor terbesar yang memengaruhi kuantitas dan kualitas sperma.

Beberapa makanan yang menjadi penyebab sperma buruk adalah:

 

  • Daging olahan seperti dalam hotdog, hamburger, dan salami sering meninggalkan residu hormon pada saat proses pengolahannya. Hal inilah yang dapat memengaruhi kualitas sperma.
  • Susu full cream (whole milk).
  • Ikan dengan kandungan merkuri tinggi. Tidak hanya berbahaya untuk pria, ikan bermerkuri juga tidak baik untuk wanita. Ikan makarel, tuna steak, dan todak adalah beberapa ikan yang disinyalir memiliki kandungan merkuri tinggi. Untuk amannya, lebih baik pilih ikan salmon atau kerang-kerangan. Namun pastikan kerang yang Anda konsumsi dipanen dari perairan laut yang bersih.
  • Minuman berkafein seperti kopi, teh, minuman berenergi, dan minuman berakohol. Jika Anda adalah penggemar kopi dan teh, dan sedang dalam masa konsepsi, usahakan untuk tidak mengonsumsi teh dan kopi lebih dari 2 cangkir sehari.
  • Minuman bersoda. Minuman dengan tambahan gula akan menurunkan pergerakan sel sperma. Karena itu, jika Anda ingin segera punya momongan, keluarkan dulu minuman bersoda dari lemari es Anda.
  • Junk food. Jenis makanan yang satu ini tidak perlu diragukan lagi, selain tidak baik untuk kesehatan, kandungan dalam junk food juga bisa memengaruhi kadar hormon yang berisiko memengaruhi kualitas sperma Anda.

 

5. Gaya hidup yang tidak sehat

Suka merokok, kurang olahraga, dan terbiasa mengenakan pakaian yang ketat juga bisa memengaruhi kualitas dan kuantitas sperma.

Untuk itu, jika saat ini Anda sudah sangat ingin memiliki momongan, segeralah berkonsultasi dengan dokter dan hindari kelima hal di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.