- Anak

Cara Ampuh Dalam Menghadapi Anak Tantrum

Bunda sering bingung tatkala dihadapkan dengan anak tantrum? Apa sikap yang harus diambil dan bagaimana cara menyelesaikannya? Kadang anak yang sedang tantrum memang menjengkelkan. Namun Bunda harus tenang dalam menghadapi anak tantrum ini. Ada beberapa cara ampuh yang bisa Bunda terapkan. Apa saja?

Berbicaralah dengan Anak

Salah satu cara yang bisa Bunda lakukan untuk menghadapi tantrum pada anak baik itu di tempat umum atau bukan adalah dengan mengajaknya bicara. Anak saat tantrum memang akan marah dan sangat agresif dalam mengekspresikan perasaannya. Bunda harus mencari tahu apa yang membuatnya demikian sehingga tantrumnya bisa reda.

Tunjukkanlah pada si kecil bahwa Bunda sangat mencintai mereka, tapi tidak dengan apa yang mereka lakukan saat itu. Bunda harus tahu, anak-anak berlaku buruk biasanya karena mereka butuh perhatian. Oleh sebab itu, bicaralah pada mereka. Tunjukkan betapa Bunda mencintainya dan beri mereka dekapan ketika mereka tidak melakukannya lagi.

Harus Tetap Tenang

Hal paling utama yang harus Bunda lakukan ketika menghadapi anak tantrum adalah harus tetap tenang. Bunda tidak boleh terjebak dalam situasi yang penuh emosi tersebut. Tekan emosi Bunda dan tetaplah berusaha tenang. Beritahu pada si kecil untuk ikut tenang dan katakan apa yang mereka inginkan tanpa harus menangis dan berteriak.

Bernegoisasilah mengenai apa yang mereka inginkan. Tapi ingat, jangan pernah mencoba untuk mengabulkan apa yang mereka inginkan seketika. Sebab, hal ini akan menjadi kebiasaan buruknya kelak. Bila dia ingin sesuatu, dia akan mengulangi kelakuan ini lagi. Jika Bunda berada di tempat keramaian, sebaiknya bawalah pergi ke tempat yang agak sepi.

Cari Pengalihan

Cara lain yang bisa Bunda lakukan untuk menghadapi tantrum pada anak adalah mencari pengalihan. Bunda pasti tahu bahwa si kecil bisa melupakan sesuatu dengan mudah karena tertarik akan hal baru. Nah, Bunda bisa memanfaatkan emosi seketika dari si kecil ini sebagai pengalihan perhatian. Ini bisa membuat mereka lupa dengan tantrumnya lho, Bunda!

Itulah beberapa cara yang bisa Bunda terapkan dalam menghadapi anak tantrum. Kunci dari menghadapi anak yang sedang dalam masa ini adalah tenang. Jangan pula sesekali memukul anak tantrum saat mereka berteriak atau menangis. Hal ini nantinya malah akan membuat keadaan semakin buruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.