- Dunia Ibu, Kehamilan

Bunda, Pantau Terus Pertumbuhan Janin Trimester Kedua Ya!

Memasuki usia trimester kedua kandungan, Bunda akan lebih bebas dalam melakukan apapun. Meski bebas, Bunda tetap harus memantau pertumbuhan janin trimester kedua Bunda, ya! Tentu saja gunanya adalah untuk memastikan bahwa calon bayi tersebut terus tumbuh sehat dan normal. Sebenarnya, bagaimana pertumbuhan janin di usia ini?

Pertumbuhan Janin di Usia 14 sampai 17 Minggu

Janin di usia 14 sampai 17 minggu bisa dibilang berada di usia 4 bulan. Di usia ini, biasanya tali pusar bayi telah tumbuh lebih ideal dan kuat. Berat badan janin biasanya sudah lebih dari 5 ons atau 150 gram. Untuk panjang, janin di usia ini sudah bisa memiliki panjang sekitar 5 inci atau 14 cm dari ujung kaki sampai bokong. Sedangkan bila sampai kaki sekitar 23 cm.

Di usia ini, retina janin juga sudah sensitif terhadap paparan cahaya. Mereka juga sudah memiliki meconium atau tinja pertama yang mulai menumpuk. Dalam usia ini, mata bayi juga sudah mulai terlihat namun masih tertutup rapat. Kerangka tulang rawan bayi juga sudah mulai berkembang menjadi tulang keras. Meski begitu, tulang masih dalam bentuk fleksibel.

Pertumbuhan Bayi Usia 18 sampai 21 Minggu

Selamat! Bayi Bunda sudah memasuki usia tengah kehamilan. Di usia janin ini, bayi sudah dapat mendengar dan mengenali suara ibu dan menanggapi beberapa jenis musik. Berat janin di usia ini sudah mencapai 12,7 ons atau 360 gram dengan panjang mencapai 10,5 inci atau 27 cm.

Di usia ini, sumsum tulang belakang bayi sudah mulai memproduksi sel darah dan mereka juga sudah mulai menyerap gula dari ketuban yang tertelan. Bayi juga sudah makan dari plasenta dan mereka sudah mendapatkan lemak untuk membuat mereka lebih berisi serta mempermudah proses kelahiran nantinya.

Pertumbuhan Bayi Usia 22 sampai 26 Minggu

Usia 26 minggu adalah fase terakhir dari trimester kedua. Di usia ini, biasanya bayi sudah memiliki panjang 35 cm dengan berat lebih kurang 760 gram. Saat ini, kaki dan tangan mereka sudah aktif. Bunda akan sering bangun pada malam hari karena tendangan yang dilakukannya.

Janin pada usia ini juga sudah bisa membuat gerakan pernapasan meski tidak ada udara di dalam paru-parunya. Selain itu, mereka sudah mulai mengisap jempol yang sebenarnya gunanya adalah menenangkan si janin dan memperkuat pipi dan rahang ototnya.

Itulah gambaran umum pertumbuhan janin trimester kedua yang harus Bunda ketahui. Ingat, meski Bunda sudah bebas bergerak dan bisa aktif kembali, bukan berarti Bunda bisa seenaknya. Terus pantau janin Bunda dan konsumsilah makanan dengan gizi tinggi untuk memenuhi semua kebutuhan janin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.