- Bayi

Berikan Camilan Sehat untuk Balita Ada Syaratnya, Lho!

Memberikan camilan sehat untuk balita bisa jadi cara baik sebagai pemenuhan gizi balita. Namun, untuk pemberian camilan yang sehat ini, makanan tersebut juga harus memenuhi syarat yang ada, lho Bunda! Apa saja syarat yang harus dipenuhi oleh makanan itu agar jadi camilan yang menyehatkan? Cek di sini!

1. Protein, Lemak dan Karbohidrat

Syarat pertama yang harus Bunda penuhi dalam pembuatan camilan sehat untuk balita adalah kandungan protein, lemak dan karbohidrat di dalamnya. Tak perlu banyak asal seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh mereka. Jumlah protein yang dibutuhkan si kecil setiap hari sekitar 1.8 gram per berat badan per hari. Sedang karbohidrat sekitar 60-65 gram setiap hari.

2. Mengandung Air yang Cukup

Camilan yang sehat juga sebaiknya mengandung air yang cukup. Air bisa jadi cairan yang bagus untuk si kecil dan menjaga agar dia tidak tersedak dan lebih mudah dalam menelan. Setiap anak rata-rata membutuhkan 100 hingga 125 cc cairan per kg berat badannya per hari. Pada camilan, biasanya air mudah ditemukan di buah-buahan.

3. Mengandung Gula yang Cukup

Camilan yang mengandung gula yang cukup dan seimbang juga merupakan syarat pemenuhan gizi balita. Namun ingat, pemberiannya hanya untuk memberikan rasa saja. Jangan sampai berlebihan karena ini juga tak baik untuk tubuh si kecil.

4. Mengandung Kalori yang Cukup

Hal lain yang harus dikandung camilan yang baik dan sehat guna pemenuhan gizi balita adalah kalori. Kalori yang cukup sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan dan gizi si kecil. Ini juga sangat berpengaruh pada pertumbuhan si kecil. Besarnya kalori yang dibutuhkan si kecil berbeda-beda, tergantung dari usia dan berat badannya.

5. Steril dan Higienis

Tentu saja, makanan yang diberikan pada balita haruslah steril dan higienis. Tujuannya tentu saja agar balita Bunda tidak sakit setelah makan makanan tersebut. Oleh sebab itu, ada baiknya Bunda mengolah sendiri camilan yang akan diberikan pada si kecil. Tujuannya tentu saja untuk menjaga kebersihannya.

Itulah syarat yang harus dipenuhi jika Bunda ingin memberikan camilan sehat untuk balita. Camilan yang sehat ini bisa jadi jalan yang tepat sebagai pemenuhan gizi balita. Buatlah camilan yang berbeda-beda setiap harinya. Misalnya antara buah, puding, roti dan masih banyak lagi agar si kecil tak bosan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.