- Bayi

Berapa Ya Kebutuhan Gula Per Hati untuk Balita?

Bunda selalu mengonsumsi gula setiap hari, kan? Sebaiknya, gunakan gula sesuai dengan kebutuhan gula per hari yang disarankan, termasuk pada anak kecil. Bunda bisa melihat rekomendasi kadar gula darah normal menurut WHO sebagai acuan. Lalu, sebenarnya berapa batasan asupan gula per hari yang boleh diberikan pada balita?

Bahaya Konsumsi Gula Berlebih pada Anak

Sebelum Bunda mengetahui seperti apa batasan dari gula yang boleh dikonsumsi pada balita, sebaiknya tahu dulu apa saja bahaya yang bisa menyerang bila konsumsi gula yang berlebihan. Pertama adalah gigi yang keropos. Konsumsi gula yang berlebih apalagi disertai dengan tidak menggosok gigi akan membuat gigi lebih mudah keropos.

Lalu, gizi yang tak seimbang juga bisa jadi masalah. Anak yang mengonsumsi gula terlalu banyak cenderung akan menolak mengonsumsi banyak makanan jenis lain. Bahaya paling akurat yang bisa dilihat adalah terjadinya obesitas. Gula pada tubuh anak akan berubah menjadi energi berlebih yang nantinya akan berubah menjadi lemak.

Ini akan menyebabkan berat badan berlebih pada si kecil. Selain itu, konsumsi gula berlebih juga akan membuat anak Bunda terserang diabetes. Hal ini diakibatkan karena kadar insulin dalam darah yang sangat tinggi. Terakhir, risiko terkena kanker. Orang yang makan gula lebih banyak menunjukkan risiko 87% lebih besar terkena kanker dibanding yang tidak.

Batas Asupan Gula Per Hari

Setelah mengatahui resikonya, sekarang saatnya Bunda tahu seberapa batas asupan gula yang dianjurkan. Untuk anak yang berusia di antara 2 sampai 18 tahun, batas gula yang diperbolehkan adalah 6 sendok teh.

Ini berlaku untuk setiap harinya. Batasan ini setara dengan 25 gram atau 100 kalori per harinya. Tapi, tampaknya saat ini agak sulit untuk memenuhi batasan asupan tersebut mengingat banyaknya makanan instan yang dijual memiliki kadar gula berlebih. Misalnya saja donat dengan toping gula yang mengandung 23 gram gula dalam satu porsinya.

Menjaga asupan gula yang sesuai dengan rekomendasi adalah hal yang harus dilakukan bila Bunda ingin diri dan keluarga sehat. Kebutuhan gula per hari untuk tubuh memang tak banyak, oleh sebab itu Bunda harus mengawasinya. Bunda bisa gunakan rekomendasi kadar gula darah normal menurut WHO sebagai acuan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.