- Dunia Ibu, Kehamilan

Berapa Kisaran Biaya Operasi Caesar?

Mendapat rekomendasi untuk menjalani operasi caesar? Berapa ya biaya operasi caesar yang harus dikeluarkan? Operasi caesar sendiri direkomendasikan sebagai prosedur yang akan dilakukan dalam keadaan darurat di mana proses melahirkan secara normal dianggap akan menimbulkan risiko yang cukup besar.

Sekarang ini, operasi caesar juga menjadi pilihan para ibu hamil yang takut dengan rasa sakit seperti saat melahirkan secara normal, karena menginginkan tangga kelahiran bayi yang dianggap bagus dan berbagai alasan lainnya.

Meskipun Anda sudah memutuskan ingin melakukan persalinan secara normal tetapi perkiraan anggaran operasi caesar tetap harus dilakukan untuk antisipasi jika dengan berjalannya waktu, terdapat masalah pada kandungan Anda sehingga harus melewati operasi caesar tersebut. Lalu, berapa kisaran biaya melakukan operasi caesar yang harus dipersiapkan calon ibu? Berikut ulasan selengkapnya.

 

Biaya Persalinan Caesar

Di bawah ini adalah kisaran biaya operasi caesar di beberapa rumah sakit di Jakarta yang bisa Anda gunakan sebagai acuan dalam mempersiapkan anggaran biaya melahirkan.

  • Kelas III: Rp 10.000.000 sampai Rp 12.000.000
  • Kelas II: Rp 13.000.000 sampai Rp 16.000.000
  • Kelas I: Rp 18.000.000 sampai Rp 20.000.000
  • Kelas VIP: Rp 23.000.000 sampai Rp 25.000.000
  • Kelas SVIP: Rp 25.000.000 sampai Rp 30.000.000

Perkiraan biaya caesar yang kami berikan di atas sudah meliputi kamar, fasilitas ibu dan bayi, dan juga beberapa obat-obatan yang dibutuhkan selama 3 hari.

Baca juga: Berapa Biaya Persalinan Normal di Rumah Sakit Besar Jakarta?

 

Pemeriksaan Bekas Caesar

Proses melahirkan dengan operasi caesar ini juga mewajibkan ibu untuk melakukan pemeriksaan bekas operasi sesudah satu bulan melahirkan yang setidaknya dilakukan satu kali. Biaya pemeriksaan bekas caesar ini adalah Rp 450.000 dan belum termasuk obat serta vitamin.

 

 

Biaya Persalinan Caesar Menggunakan BPJS

Apabila calon orang tua tidak memiliki dana yang mencukupi untuk melakukan operasi caesar tersebut, masih ada jalan lain untuk menutupi kekurangan tersebut yakni dengan menggunakan biaya operasi caesar BPJS Kesehatan. Berikut kisaran biaya yang dibutuhkan.

Operasi Caesar Ringan

  • Kelas III: Rp 5.257.900
  • Kelas II: Rp 6.285.500
  • Kelas I: Rp 7.333.000

Opreasi Caesar Sedang

  • Kelas III: Rp 5.780.000
  • Kelas II: Rp 6.936.000
  • Kelas I: Rp 8.092.000

Operasi Caesar Berat

  • Kelas III: Rp 7.915.300
  • Kelas II: Rp 9.498.300
  • Kelas I: Rp 11.081.400

Baca juga: 7 Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tidak Boros

 

Apabila biaya untuk melakukan operasi caesar dengan menggunakan BPJS Kesehatan melebihi dari kisaran harga di atas, Anda harus mempersiapkan sendiri biaya tersebut dan mungkin Anda bisa menggunakan sistem reimburse yang diberikan kantor untuk biaya persalinan tersebut.

Saat Anda memutuskan untuk menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan ini maka ada beberapa peraturan yang harus ditaati seperti tidak boleh memeriksakan kandungan di rumah sakit swasta terkemuka dan kontrol juga harus dilakukan dengan teratur di Faskes I seperti puskesmas atau klinik dan tidak dipungut biaya pada saat melakukan pemeriksaan tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fasilitas USG secara gratis tetapi hanya diperbolehkan satu kali saja dan harus sudah mendapatkan petunjuk dari dokter serta dokter yang nantinya akan menentukan operasi caesar apa yang Anda butuhkan, apakah caesar ringan, caesar sedang, atau caesar berat.

Jika dokter pada Faskes I menyarankan operasi caesar, Anda kemudian akan diberi surat rujukan ke rumah sakit yang biasanya berlaku untuk 3 hari saja. Oleh karena itu, surat rujukan harus segera diurus sebelum kedaluwarsa. Selain itu, bayi dalam kandungan juga bisa didaftarkan ke BPJS setidaknya 14 hari sebelum perkiraan hari persalinan caesar dilakukan.

Demikian ulasan dari kami mengenai kisaran biaya operasi caesar yang bisa Anda gunakan sebagai persiapan dana melahirkan sebab kelahiran normal yang diharapkan belum tentu bisa diterapkan apabila kenyataan yang terjadi pada kandungan memiliki masalah tertentu sehingga harus menjalani operasi caesar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.