- Menyusui

Benarkah Junk Food Menurunkan Kualitas ASI Ibu Menyusui?

Seberapa aman seorang ibu menyusui makan junk food? Apakah bisa menurunkan kualitas ASI?

Beberapa makanan siap saji sering disebut sebagai makanan sampah karena kandungan nutrisinya yang rendah. Itulah sebabnya makanan jenis ini sering tidak disarankan untuk ibu menyusui.

Namun bagaimana jika seorang ibu menyusui makan junk food, benarkah kualitas ASI akan turun?

Tuhan memang telah menciptakan manusia dengan begitu sempurna, termasuk bagaimana agar tubuh seorang ibu mampu memenuhi kebutuhan bayinya.

Payudara Bunda tidak hanya mampu memproduksi ASI sesuai jumlah kebutuhan bayi tetapi juga zat-zat yang mampu melindungi bayi dari infeksi serta membangun sistem kekebalan tubuhnya.

Dilansir dari situs sciencenordic.com, bukanlah masalah jika sesekali ibu menyusui makan junk food. Perubahan sedikit dalam menu harian Bunda sama sekali tidak akan memengaruhi kualitas ASI.

Jikalau ada perubahan pada nutrisi, hanya asam lemak omega-3 yang akan terpengaruh.

Nutrisi yang terkandung dalam ASI memang mencerminkan apa yang dikonsumsi Bunda. Namun tubuh Bunda juga mampu menyesuaikan dengan kebutuhan bayi.

Karena itu, jika Bunda baru saja hangout bersama teman dan menghabiskan dua porsi french fries plus burger, tambahkanlah minyak ikan sesudahnya. Alternatif lainnya, Bunda juga bisa mengonsumsi makanan yang berbahan dasar kedelai, minyak kanola, atau kacang walnut.

Lengkapi juga menu Bunda di hari tersebut dengan buah dan sayuran guna memastikan kecukupan kandungan vitamin C pada ASI.

Namun bagaimana jika Bunda benar-benar hanya ingin makanan cepat saji atau junk food?

 

Yang penting jumlahnya

Banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk menjauhi kafein, alkohol, dan tembakau dalam jumlah banyak karena zat aktif yang terkandung di dalam bahan-bahan tersebut dapat tertinggal di dalam ASI.

Termasuk juga dengan semua makanan manis dan berlemak seperti cokelat dan french fries, tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak. Alasannya karena makanan tersebut hanya mengandung kalori kosong dan rendah nutrisi.

Tidak berarti Bunda harus menjauhinya sama sekali. Jika memang Bunda menyukainya, cukup konsumsi sesekali saja. Konsumsi sesekali sama sekali tidak akan memengaruhi kualitas ASI Bunda.

Jadi, saran terbaiknya adalah, tetap penuhi menu harian Bunda dengan makanan sehat dan jika Bunda sesekali ingin mampir di gerai makanan cepat saji, tak perlu merasa bersalah.

Namun tetap ingat, baik Bunda menyusui atau tidak, junk food tetap bukan makanan yang baik untuk semua orang.

 

Donat, keripik kentang, dan makanan manis

Sebetulnya, belum pernah ada penelitian langsung pada manusia yang membandingkan ibu yang biasa makan junk food dengan ibu yang biasa makan makanan sehat.

Namun sebuah penelitian tentang pengaruh junk food pada tikus menemukan fakta bahwa tikus yang diberi makan junk food, anaknya pun akan menyukai makanan sejenis.

Sementara pengamatan pada sekelompok ibu menyusui di Amerika Utara yang memiliki trans fat lebih tinggi dibanding orang Eropa, ASI-nya pun juga mengandung trans fat yang lebih banyak.

Seperti Bunda tahu, trans fat merupakan jenis lemak yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Membatasi sumber makanan yang mengandung lemak ini dalam konsumsi sehari-hari, tentu lebih baik bagi kesehatan.

Jadi kesimpulannya, jangan sampai hanya karena pemilihan makanan, Bunda menjadi stres atau malah menahan lapar. Jika di depan mata yang ada kentang goreng, burger, atau pizza, ya langsung makan saja. Yang penting, konsumsi dalam jumlah wajar, dan jangan jadikan sebagai menu harian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.