Barang Persiapan Melahirkan Berikut Perlu Bunda Siapkan, Jangan Lupa!
- Dunia Ibu

Barang Persiapan Melahirkan Berikut Perlu Bunda Siapkan, Jangan Lupa!

Menunggu masa melahirkan memang mendebarkan dan menyenangkan. Namun, sebelum itu sebaiknya Bunda menyiapkan barang persiapan melahirkan terlebih dulu. Ada banyak daftar persiapan melahirkan yang harus Bunda siapkan agar nanti saat waktunya tiba, Bunda tak repot dan kesulitan lagi. Lalu, apa saja barang yang harus Bunda persiapkan itu?

Perlengkapan Bunda

Salah satu barang yang harus Bunda persiapkan untuk menyambut kelahiran si kecil adalah perlengkapan untuk Bunda sendiri. Beberapa isinya adalah pakaian yang nyaman seperti piyama atau baju tidur. Pilihlah baju yang mudah menyerap keringan serta yang memiliki kancing depan sehingga Bunda bisa dengan mudah memberikan ASI pada si kecil.

Selain itu, Bunda juga harus mempersiapkan bra dan bantal menyusui. Kedua barang ini nantinya akan mempermudah Bunda dalam memberikan ASI pada bayi. Jangan lupa, bawa peralatan mandi dan peralatan kebersihan seperti sisir dan jepit ramput. Tentunya, Bunda juga harus mempersiapkan berbagai dokumen penting seperti kartu asuransi sebelumnya.

Perlengkapan Bayi

Selain perlengkapan Bunda, Bunda juga wajib mempersiapkan perlengkapan untuk si kecil. Ini adalah hal wajib untuk menyambut kelahiran si kecil. Daftar barang yang harus Bunda siapkan sebagai perlengkapan si kecil adalah buku catatan pemeriksaan rutin dari dokter. Ini sebenarnya hal yang tak harus, tapi perlu dibawa bilamana nanti diperlukan.

Selain itu, Bunda juga harus menyiapkan popok dan pakaian bayi. Tidak perlu terlalu banyak karena Bunda dan si kecil tak akan lama di rumah sakit. Sediakan saja sekitar 3 paks, kecuali bila ada indikasi akan lama sebelumnya. Sediakan juga bedong untuk bayi. Ini penting ada karenanya gunanya untuk menjaga suhu tubuh si kecil agar tetap hangat.

Sediakan juga sarung tangan kaki di dalam tas perlengkapan bayi Bunda. Ini gunanya juga untuk menjaga si kecil agar tetap hangat. Selain itu, sarung tangan juga berfungsi untuk menjaga agar si kecil tak mencakar wajahnya. Jangan lupa, siapkan juga topi bayi untuk digunakan tatkala pulang dari rumah sakit nanti.

Itulah daftar persiapan melahirkan yang harus Bunda siapkan sedari dini sebelum masa melahirkan tiba. Siapkan barang persiapan melahirkan sejak jauh hari agar nanti Bunda tidak repot saat persalinan datang. Jangan lupa, cek dengan benar terlebih dulu. Jangan sampai ada yang tertinggal dan malah nanti akan membuat repot Bunda dan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.