- Anak

Bagaimana Cara Membuat Anak Sibuk Tanpa Gadget?

Bagaimana ya membuat anak sibuk tanpa gadget? Seorang kawan bercerita, semalam ia harus tidur sangat larut. Buah hatinya yang berusia 2 tahun ngamuk hebat karena tidak diperbolehkan menggunakan smartphone ayahnya. Rupanya pasangan suami istri muda ini sedang berusaha untuk mendidik anaknya agar tidak adiksi dengan gadget.

Berita tentang anak yang membenturkan kepalanya sendiri hingga masuk rumah sakit, ternyata cukup membuat pasangan ini khawatir jika putra semata wayangnya akan kecanduan gadget.

Sayangnya, putra kecil sedang senang-senangnya bermain dengan games di ponsel pintar ayahnya. Bisa dipastikan, drama setiap hari pun terjadi.

 

Cara membuat anak sibuk, tanpa gadget

Kesibukan orang tua, ditambah waktu yang sangat sempit, memang sering membuat orang tua tidak ada waktu untuk menemani anak. Jutaan orangtua akhirnya mengandalkan gadget untuk membuat anak-anak mereka sibuk, sementara orang tua menyelesaikan pekerjaannya.

Sayangnya, penelitian telah membuktikan, anak-anak yang terlalu dini mengenal gadget dapat memiliki gangguan mental dan fisik.

Jadi akan lebih baik jika mulai saat ini Ayah dan Bunda mencari cara untuk menghindarkan si kecil dari bahaya tersebut. Tidak punya ide? Berikut kami berikan beberapa contoh untuk Ayah dan Bunda.

Oya, contoh-contoh di bawah ini tergantung dari situasi dan kegemaran si kecil ya. Jadi jangan dipaksakan untuk mencoba semuanya.

 

1. Berkebun

Jika di depan rumah ada sepetak tanah, tidak ada salahnya Ayah dan Bunda mengajak si kecil menanam pohon atau sekedar membersihkan rumput di halaman. Dengan berkebun, si kecil juga dapat belajar bagaimana tanaman tumbuh sekaligus merawatnya.

Oya, berkebun tidak hanya baik untuk si kecil lho. Stres Ayah dan Bunda pun bisa hilang melalui aktivitas ini. Satu kegiatan tiga keuntungan: si kecil sibuk, jauh dari gadget, stres Ayah dan Bunda hilang, kedekatan orang tua dan anak pun terjaga.

 

2. Membantu memasak

Sibuk di dapur setiap sore Bunda? Mengapa tidak ajak si kecil untuk membantu Bunda mencuci sayur, memotong sayuran dari batangnya (pilih yang tidak perlu menggunakan pisau dulu ya, Bunda), atau menyusun piring dan sendok yang sudah kering.

Memang betul, anak kecil sebaiknya tidak berada di dapur. Namun jika ia sudah cukup besar dan cukup tenang, tidak ada salahnya mengajak ia beraktivitas di dapur.

 

3. Merapikan barang bekas

Merapikan barang bekas bisa menjadi salah satu cara membuat anak sibuk tanpa gadget. Di setiap rumah tangga, bisa dipastikan ada barang tidak terpakai. Khusus untuk si kecil, cobalah minta ia menyortir mainan atau koleksi buku yang sudah ia baca, agar nanti dapat didonasikan. Minta juga kepadanya agar mainan yang hendak ia simpan terlebih dahulu dibersihkan sebelum masuk kotak.

Selain belajar bagaimana merawat mainan, si kecil juga akan belajar melakukan tindakan sosial melalui aktivitas ini.

 

4. Bermain kreativitas

Ada banyak mainan anak yang bisa dipilih untuk aktivitas nomor empat ini. Mulai dari bermain clay, plastisin, pasir bermain, menyusun balok, lego, dan masih banyak lagi.

Untuk si kecil yang sudah duduk di bangku TK, Bunda juga bisa mengajaknya menggambar, berkreasi dengan kertas, dan lain sebagainya.

 

5. Bersepeda bersama

Bermain di luar rumah adalah cara terbaik untuk menghindarkan anak kecanduan gadget. Bunda dapat mengajaknya bersepeda bersama keliling komplek atau sekedar mengunjungi rumah saudara.

 

Mudah bukan? Yuk, ajak anak Bunda bermainn dan beraktivitas dengan kreatif!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.