- Dunia Ibu, Kehamilan

Apa Saja Sih Tanda-Tanda Persalinan Normal?

Setiap Bunda pasti mengharapkan persalinan yang lancar untuk buah hatinya. Tak masalah apakah itu persalinan normal atau ceasar. Bagi Bunda yang melakukan persalinan normal, ada tanda-tanda persalinan normal yang harus diketahui. Dengan begitu, Bunda bisa melakukan persiapan melahirkan normal. Lalu, apa saja faktor ibu bisa bersalin normal?

Jalan Lahir

Salah satu faktor penentu yang menjadi tanda Bunda bisa melakukan persalinan normal adalah jalan lahir yang baik. Pintu bagian atas panggul haruslah berbentuk lebar, sacrum lebar dan melengkung serta tidak menonjol ke depan. Sedangkan untuk pintu panggul bagian bawah haruslah melintang antara 10 hingga 10,5 cm.

Kekuatan

Hal lain yang menjadi pengaruh dalam persalinan normal adalah kekuatan Bunda sendiri. Ini adalah kekuatan utama yang dihasilkan oleh kontraksi dan retraksi otot rahim. Kekuatan ini harus normal, maksudnya adalah timbul perlahan namun teratur dan makin lama semakin kuat hingga mencapai puncak. Setelah itu, akan turun secara berangsur.

Kontraksi harus bersifat simetris dan menjalar ke seluruh otot rahim. Ini akan sangat membantu mendorong bayi keluar. Namun, ini bisa jadi tidak bisa dilakukan bilamana Bunda memiliki kelainan kontraksi rahim. Selain itu, juga bisa dikarenakan kelelahan. Bila hal ini terjadi, biasanya bidan atau dokter yang menangani Bunda akan membantu mendorongnya.

Passanger

Passanger adalah janin dan plasenta. Kedua hal ini juga mempengaruhi kemampuan Bunda dalam melakukan persalinan normal. Passanger paling penting dari janin adalah bagian kepala dan bila terjadi kelainan pada ini, misalnya bentuk dari kepala anak itu sendiri, juga mengakibatkan kelahiran normal tak bisa dilaksanakan.

Kelainan pada bagian kepala bayi misalnya anak tersebut mengalami hydrocephalus atau anencephalus. Bisa juga kelainan letak seperti letak muka atau letak dahi anak. Bisa juga merupakan kelainan dudukan anak seperti kedudukan lintang ataupun letaknya yang sungsang.

Psikologis

Hal lainnya yang menjadi pengaruh dari persalinan normal adalah psikologis Bunda. Ketakutan dan kecemasan sering menjadi penyebab Bunda tak bisa melahirkan secara normal. Ini mengakibatkan persalinan lebih lama atau pembukaan yang kurang lancar. Oleh sebab itu, sebaiknya Bunda mengurangi rasa cemas dan ketakutan saat ingin melahirkan.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi persalinan normal. Bila Bunda sudah memenuhi semuanya, Bunda juga harus tahu tanda-tanda persalinan normal sehingga bisa melakukan persiapan melahirkan normal. Jaga kesehatan dan pola makan Bunda serta jaga juga pikiran Bunda agar tidak stres, ya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *