- Tanpa kategori

Apa Saja Perlengkapan Persalinan yang Perlu Dibawa? Ayo Siapkan!

Menyiapkan amunisi sebelum melakukan persalinan memang perlu, Bunda! Sebab, dengan menyediakan seluruh perlengkapan persalinan, Bunda tak akan repot lagi bila nanti waktunya sudah tiba. Lalu, apa saja yang perlu dibawa saat persalinan? Baik itu peralatan untuk ibu dan bayinya? Untuk lengkapnya, cek perlengkapan tersebut di sini!

Perlengkapan Keperluan Bunda

Untuk pertama, Bunda harus menyiapkan perlengkapan keperluan Bunda sendiri. Perlengkapan tersebut terdiri atas pakaian ganti. Siapkanlah baju atau atasan dengan kancing yang bisa digunakan untuk menyusui. Bisa juga daster, pakaian dalam dan baju yang dikenakan saat pulang.

Sediakan juga pembalut untuk nipas dan breast pad yang digunakan untuk alas bra agar bisa menyerap tetesan ASI. Lalu gurita. Perlengkapan untuk menahan perut Bunda ini bisa diganti dengan korset bila tak ada. Sediakan juga peralatan mandi, pelembab dan barang pribadi yang membuat Bunda nyaman seperti ponsel, buku bacaan dan lainnya.

Bila Bunda ingin mengabadikan momen spesial ini, tak ada salahnya membawa kamera untuk merekam semuanya. Pastinya, siapkanlah uang tunai. Ada banyak hal yang tak bisa diprediksi selama masa persalinan, lho Bun! Untuk itu membawa uang tunai penting hukumnya.

Perlengkapan Bayi

Setelah seluruh keperluan Bunda terpenuhi, sekarang saatnya menyiapkan perlengkapan untuk calon bayi, ya! Banyak hal yang harus disiapkan. Salah satunya adalah popok. Bayi yang baru lahir popoknya harus sering diganti. Untuk itu, belilah popok dalam jumlah yang cukup. Setidaknya untuk hari pertamanya.

Lalu, pakaian bayi. Bayi yang baru lahir perlu kehangatan, ya! Untuk itu, Bunda juga perlu menyiapkan selimut dan bedong bayi agar bayi Bunda bisa merasa lebih hangat seperti berada di lingkungan sebelum dia dilahirkan. Perlengkapan berikutnya adalah sarung tangan dan kaus kaki bayi.

Sediakan juga peralatan mandi untuk bayi, ya! Peralatan ini jelas berbeda dengan peralatan untuk mandi Bunda. Lalu, sediakan juga perlengkapan untuk membersihkan tali pusar bayi seperti alkohol, kain kasa dan korek kuping. Sebaiknya, sediakan juga topi bayi untuk melindungi kepala bayi yang lebih sensitif.

Itulah beberapa perlengkapan persalinan yang perlu Bunda bawa saat menyiapkan kelahiran buah hati, ya! Jangan bertanya lagi apa yang harus dibawa saat persalinan dan menyiapkannya dengan tergesa-gesa. Sekarang Bunda bisa menyiapkannya lebih awal sehingga tak akan repot bila waktu kelahiran buah hati sudah semakin dekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.