Apa Itu Tantrum? Ketahui Lebih Banyak di Sini!
- Anak

Apa Itu Tantrum? Ketahui Lebih Banyak di Sini!

Bunda mungkin bertanya-tanya, kenapa si kecil suka marah tanpa alasan yang jelas? Tenang Bunda, sebenarnya, si kecil hanya sedang tantrum. Apa itu tantrum? Tantrum adalah hal yang wajar bagi anak-anak. Bahkan, pada sebagian orang dewasa, juga mengalami ini. Tantrum ini biasanya sebagai ledakan emosi mereka. Mau tahu lebih banyak? Cek di sini!

Tantrum Itu Apa?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, tantrum atau yang kadang disebut juga dengan tantrum temper adalah sebuah peledakan emosi yang umum terjadi pada anak-anak. Pada orang dewasa, ini juga bisa terjadi pada orang yang mengalami kesulitan emosional. Biasanya, tantrum ini ditandai dengan sikap keras kepala, menangis, menjerit, dan lainnya.

Apa Penyebab Terjadinya Tantrum?

Pada sebagian anak, tantrum hanyalah cara mereka untuk mengeluarkan masalah. Mereka akan berteriak bila Bunda tak menuruti apa yang mereka mau. Mereka akan melakukan ini sampai Bunda menurutinya. Namun kadang, tantrum akan lebih cepat hilang bila si kecil merasa lelah atau lapar.

Pada umumnya, tantrum terjadi akibat keinginan pada suatu hal yang tak didapat atau yang tak dapat mereka ungkapkan. Tapi ingat, Bunda sebaiknya tidak menuruti apa yang mereka inginkan saat tantrum ini terjadi. Sebab, bila Bunda melakukannya, mereka akan melakukan ini lagi bila menginginkan sesuatu. Ini bisa jadi kebiasaan buruk mereka nantinya.

Bagaimana Cara Mengatasi Tantrum?

Lalu, apa yang harus Bunda lakukan bila tak boleh menuruti kemauan si kecil saat mereka tantrum? Salah satunya Bunda bisa mengajak si kecil berbicara. Cari tahu apa yang jadi penyebab mereka tantrum dan bicaralah tentang apa yang mereka rasakan. Selain itu, tunjukkan pada mereka bahwa Bunda sangat menyayanginya tapi tidak dengan kelakuannya.

Bunda harus tahu, biasanya anak yang berkelakuan buruk biasanya menginginkan perhatian yang lebih. Untuk itu, Bunda harus lebih menunjukkan rasa cinta pada mereka. Selain itu, Bunda juga harus tetap tenang. Jangan terpancing emosi. Lakukanlah negoisasi dengan si kecil dan jangan sampai memukul mereka. Jangan biarkan amarah menguasai Bunda!

Nah, sekarang Bunda sudah tahu lebih banyak tentang apa itu tantrum, kan? Tantrum adalah hal yang wajar dialami setiap anak. Bahkan, sebagian orang dewasa yang mengalami kesulitan emosional juga melakukannya. Namun, Bunda harus tetap berlaku bijak dalam menghadapi tantrum pada anak. Jangan sampai ini menjadi kebiasaan buruk mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.