- Dunia Ibu, Kehamilan

Ambeien pada Ibu Hamil, Serat Wajib Dikonsumsi!

Ambeien pada ibu hamil bukanlah sebuah hal yang baru. Rata-rata, setiap ibu hamil mengalami masalah ini bila mereka tak bisa menjaga asupan makanannya. Bunda mengalami gangguan ini juga saat hamil. Ketahuilah penyebabnya! Salah satunya adalah kurang serat dari makanan yang Bunda konsumsi. Lalu, bagaimana cara mengatasi gangguan ini?

Penyebab Ambeien yang Terjadi pada Ibu Hamil

Seperti yang dikatakan sebelumnya, ambeien atau wasir adalah keluhan yang sering disampaikan pada ibu hamil. Biasanya, kondisi ini sebabkan oleh perubahan hormonal dan perkembangan janin dalam rahim semasa kehamilan. Ini menyebabkan tekanan pada bagian pembuluh darah balik atau vena di sekitar panggul dan saluran pencernaan ibu hamil.

Biasanya, gejala yang ditimbulkan oleh ambeien ini adalah perasaan tidak nyaman di sekitar dubur. Tak hanya kurang menyenangkan, tapi bisa juga menyakitkan. Kadang, bila gejalanya sudah parah, Bunda bisa menemukan darah saat buang air besar. Selain itu, kekurangan serat pada makanan yang dikonsumsi juga bisa jadi penyebab ambeien yang dialami ibu hamil.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ambeien selain terjadi karena pengaruh hormonal dan perkembangan janin juga bisa disebabkan oleh kekurangan serat. Untuk itu, salah satu cara untuk mengatasi ambeien adalah dengan mengonsumsi makanan, yang banyak mengandung serat. Beberapa makanan tersebut  adalah ubi jalar, kacang-kacangan, sayur hijau serta beragam buah seperti apel dan alpukat.

Dengan mengonsumsi makanan tersebut, Bunda bisa mengurangi rasa tak nyaman dan rasa sakit akibat ambeien. Namun, selain dengan makan makanan yang kaya akan serat, Bunda juga bisa menyiasatinya dengan berendam di air hangat. Berendam di air hangat bisa membuat Bunda lebih rileks. Itu karena peredaran darah yang lebih lancar.

Cara lain yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan istirahat yang cukup. Jangan pernah melakukan aktivitas yang terlampau berat. Lalu, hindarilah duduk terlalu lama. Gantilah posisi Bunda dengan berbaring, berdiri, atau berjalan sebagai alternatif lain kegiatan yang bisa Bunda lakukan. Jika perlu, gunakanlah obat sesuai petunjuk dokter atau bidan.

Nah, sekarang Bunda sudah mengetahui penyebab ambeien pada ibu hamil dan apa saja yang bisa meringankannya, kan? Salah satu penyebab paling banyak dari ambeien ini adalah kurang serat. Oleh sebab itu, Bunda harus mengonsumsi banyak makanan dengan serat tinggi sehingga Bunda tidak mengalami gangguan tak menyenangkan yang satu ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.