- Dunia Ibu, Menyusui

8 Tips Langsing Setelah Melahirkan Paling Aman dan Efektif

Sesudah proses persalinan selesai, para ibu mengalami masalah bentuk tubuh yang gemuk dan tidak terlihat menyenangkan. Tips langsing setelah melahirkan tentu akan sangat membantu. Apalagi jika Anda senang beraktivitas ke luar rumah, tentunya Anda ingin bentuk tubuh kembali seperti sediakala dalam waktu yang terbilang cepat.

Sebetulnya, bentuk tubuh sesudah melahirkan, berat badan, dan ukuran perut akan berkurang secara alami sekitar 4,5 kg karena bayi sudah dilahirkan, begitu pun plasenta, darah, dan air ketuban yang dikeluarkan serta cairan tubuh yang ikut terbuang bersama urine dan keringat.

Akan tetapi, masalah perut yang terlihat membuncit dan menggelambir karena menumpuknya lemak perlu penanganan khusus. Berikut ini adalah beberapa tips langsing sesudah melahirkan paling ampuh yang bisa Anda lakukan.

 

1. Menyusui

 

 

Perlu Anda ketahui bahwa diet setelah melahirkan sambil menyusui akan membakar sekitar 500 kalori setiap harinya. Dengan menyusui secara teratur, berat badan akan lebih cepat turun dibandingkan dengan ibu yang tidak menyusui. Selain itu, menyusui juga akan merangsang kontraksi sehingga rahim bisa mengecil lebih cepat seperti saat sedang berolahraga.

 

2. Olahraga

Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk mengecilkan area perut sesudah melahirkan tetapi juga membantu membakar kalori serta mengencangkan otot perut sehingga tubuh bisa terlihat langsing lebih cepat.

Beberapa jenis olahraga yang baik dilakukan untuk melangsingkan tubuh sesudah melahirkan adalah peregangan, aerobik, senam kegel, jalan kaki, dan yoga khusus sesudah melahirkan.

 

3. Jaga Asupan Makanan Anda

Melangsingkan tubuh sesudah melahirkan dengan cepat juga bisa dilakukan dengan lebih banyak mengonsumsi buah, sayuran, lemak tak jenuh, aneka jenis biji-bijian, dan makanan tinggi serat.

Beberapa jenis makanan ini akan membuat perut kenyang lebih lama sehingga mengurangi porsi makan harian Anda dan akhirnya bisa menurunkan berat badan dalam waktu cepat.

Baca juga: 7 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Caesar Paling Ampuh

 

4. Konsumsi Probiotik

 

 

Dari banyak penelitian yang sudah dilakukan memberi bukti jika probiotik akan mengontrol lemak di area perut sesudah proses melahirkan. Probiotik merupakan bakteri baik yang bisa menjaga kesehatan usus dan pencernaan sehingga proses pembuangan lemak dari dalam tubuh bisa ditingkatkan.

 

5. Minum Banyak Air Putih

Air putih berguna untuk membersihkan seluruh organ dalam tubuh khususnya saluran cerna dan peredaran darah. Mengonsumsi air putih lebih banyak sesudah melahirkan akan membuang berbagai racun dari dalam tubuh sekaligus membantu proses pencernaan dan mencairkan sodium yang tersimpan di dalam tubuh sehingga tubuh bisa terlihat langsing lebih cepat.

 

6. Latihan Otot Perut

 

 

Latihan otot perut menjadi tips ampuh selanjutnya untuk mendapatkan tubuh langsing sesudah melahirkan. Selain mengecilkan perut, latihan ini juga bisa dilakukan sesuai keinginan seperti sambil duduk, berdiri, atau berbaring. Caranya adalah melakukan tarikan menuju perut dan berkonsentrasi pada otot di sekitar area perut kemudian tahan posisi tersebut selama beberapa menit dan ulangi beberapa kali setiap hari.

 

7. Hindari Mengonsumsi Jamu dan Ramuan Herbal

Kedua minuman ini memang bisa mengembalikan kesegaran tubuh dengan cepat. Namun untuk ibu yang baru melahirkan dan menyusui, kedua minuman ini akan mengganggu kesehatan dan pertumbuhan bayi sehingga harus dihindari selama proses menyusui sebab akan berpengaruh pada kualitas ASI.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Selulit di Paha Setelah Melahirkan

 

8. Konsumsi Kayu Manis

Air rebusan kayu manis memiliki khasiat bagus dan sangat cepat untuk menghilangkan lemak di area perut sesudah melahirkan serta aman untuk dikonsumsi.

  • Rebus 2 liter air bersama dengan 2 sampai 3 inci kayu manis dan 5 cengkeh.
  • Rebus selama 10 menit dan konsumsi air rebusan ini selagi masih hangat dan bisa ditambahkan juga dengan madu.
  • Minum air rebusan ini secara teratur selama 40 hari untuk hasil yang lebih memuaskan.

Beberapa tips langsing setelah melahirkan ini bisa Anda praktikkan dengan mudah di rumah dan harus dilakukan secara teratur supaya proses penurunan berat badan Anda bisa maksimal dalam waktu singkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.