- Kehamilan

8 Makanan Sehat Ibu Hamil Paling Efektif dan Menyehatkan

Para ibu hamil seringkali memakai cara mudah dengan meminum suplemen tanpa mengonsumsi makanan sehat ibu hamil, juga tanpa konsultasi dokter. Akan tetapi, hal ini cukup berisiko karena tidak seharusnya ibu hamil menentukan sendiri keputusannya mengonsumsi suatu obat. Cara yang lebih aman adalah banyak mengonsumsi berbagai makanan sehat yang baik untuk masa kehamilan anda.

Ada banyak jenis makanan yang sangat mudah didapat dan memiliki banyak nutrisi untuk menguatkan janin sehingga bisa Anda konsumsi secara teratur setiap hari. Tidak hanya berkhasiat untuk menguatkan kandungan tetapi juga menjadi cara memperbanyak ASI sebelum melahirkan.

 

1. Telur

 

 

Berbagai jenis telur sangat baik dikonsumsi untuk menguatkan janin yang lemah. Kandungan omega 3 dan protein sangat baik tidak hanya untuk menjaga kesehatan dan kekuatan janin tetapi juga menjadi cara memperbanyak ASI sebelum melahirkan.

Beberapa jenis telur yang baik dikonsumsi adalah telur bebek, telur angsa, telur ayam negeri, dan telur ayam kampung. Kandungan protein dalam telur bebek paling tinggi di antara semua jenis kuning yang bisa terlihat dari bagian kuning telur dengan warna lebih pekat dibandingkan jenis lainnya.

 

2. Kacang Hijau

Kacang hijau juga menjadi makanan penguat janin terbaik sekaligus cara memperbanyak ASI sebelum melahirkan yang kaya akan nutrisi. Kacang hijau mengandung zat besi tinggi yang penting untuk meningkatkan HB dalam darah sekaligus menjaga perkembangan janin selama masa kehamilan.

 

3. Kecambah atau Tauge

 

 

Kecambah atau tauge lebih dikenal sebagai makanan baik untuk mempercepat kehamilan. Akan tetapi, kecambah juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan dan kekuatan janin secara alami. Cara paling mudah untuk mengonsumsinya adalah direbus sampai matang dan dijadikan lalapan.

 

4. Kacang Kedelai

Kacang kedelai memiliki kandungan lemak yang rendah tetapi tinggi akan protein sehingga menjadi makanan penguat janin yang efektif. Kacang kedelai juga mengandung isoflavin , asam phytic, dan saponin yang berguna untuk janin dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Anda bisa mengonsumsi kacang kedelai rebus atau dijadikan susu kedelai dan dikonsumsi secara teratur setiap hari diselingi dengan makan tahu atau tempe.

Baca juga: 8 Makanan Memperlancar Persalinan Normal, Yuk Dicoba!

 

5. Udang

 

 

Udang menjadi makanan nikmat untuk menguatkan janin Anda sebab mengandung protein tinggi. Setiap 100 gram udang memiliki kandungan 20 gram protein yang sudah mencukupi 40 persen kebutuhan protein ibu hamil per harinya.

 

6. Ikan Air Tawar

Beberapa ikan air tawar juga sangat baik dikonsumsi untuk menguatkan janin karena mengandung omega 3 dan protein tinggi. Namun, dalam pengolahan ikan, pastikan untuk memasaknya sampai benar-benar matang agar kandungan merkuri yang mungkin ada di dalam ikan bisa hilang selama proses memasak tersebut.

 

7. Brokoli

Brokoli menjadi salah satu jenis sayuran sehat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga meningkatkan kecerdasan. Selain itu, setiap 100 gram brokoli mengandung kalsium, vitamin C, dan folat yang sangat tinggi.

Tidak hanya bermanfaat untuk menguatkan kandungan, brokoli juga baik untuk menangkal radikal bebas selama masa kehamilan. Sedangkan zat besi dalam brokoli sangat baik untuk mencegah anemia.

Baca juga: Ketahui 10 Pantangan Makanan Agar Cepat Hamil untuk Wanita

 

8. Salmon

 

 

Kandungan protein dalam jenis ikan laut ini sangat tinggi. Selain itu, ikan salmon juga kaya akan omega 3 dan asam folat yang sangat penting untuk janin dan ibu hamil. Agar kandungan nutrisi dalam ikan salmon tidak hilang, hindari memasaknya dengan cara digoreng karena akan menambah kadar minyak dalam ikan salmon.

Beberapa jenis makanan di atas sangat baik untuk secara rutin dikonsumsi khususnya saat masa kehamilan muda di mana janin masih sangat lemah dan rentan mengalami keguguran. Makanan di atas juga bisa menjadi makanan penyubur kandungan lho. Pastikan juga untuk mengolah setiap bahan untuk membunuh kuman atau bakteri yang masih tertinggal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.