- Dunia Ibu, Kehamilan

8 Makanan Memperlancar Persalinan Normal, Yuk Dicoba!

Banyak ibu hamil yang ingin melahirkan bayi secara normal. Salah satu upayanya adalah mengonsumsi makanan memperlancar persalinan normal.

Saat akan melahirkan, ibu hamil diibaratkan seperti seorang atlet yang akan melakukan segala cara untuk menang dalam sebuah perlombaan. Berbagai otot seperti pinggul, otot rahim, dan otot perut ibu akan bekerja dengan keras selama proses persalinan sedang berlangsung. Agar kondisi ibu tetap prima saat proses persalinan, maka dibutuhkan beberapa makanan penambah tenaga sebelum melahirkan yang akan memperlancar proses persalinan tersebut.

 

1. Yoghurt

Yoghurt mengandung karbohidrat dan protein tinggi yang baik untuk menambah energi sebelum melahirkan. Camilan ini bisa Anda konsumsi di mana saja seperti perjalanan menuju rumah sakit atau saat menunggu proses bersalin. Supaya gizinya semakin lengkap, Anda bisa tambahkan dengan berbagai buah segar atau kacang-kacangan ke dalam yoghurt tawar Anda.

 

2. Buah Kiwi

 

 

Buah kiwi mengandung vitamin C dan serat tinggi yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga stamina ibu saat akan melahirkan. Buah kiwi juga mengandung asam folat tinggi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin serta menghindari bayi terlahir cacat saraf atau cacat mental.

 

3. Kaldu Daging

Kaldu daging sangat baik dikonsumsi untuk mengurangi rasa mual dan masalah pencernaan karena kandungan gelatin dalam kaldu daging tersebut. Karena gizinya yang sangat tinggi, kaldu daging menjadi salah satu asupan yang disarankan untuk dikonsumsi saat akan melahirkan sehingga bisa menambah energi, meningkatkan fokus mental, dan membantu mempersiapkan tubuh untuk proses penyembuhan sesudah proses persalinan.

Baca juga: Ini Daftar Makanan untuk Ibu Hamil Agar Anaknya Laki-laki

 

4. Madu

 

 

Madu mentah atau madu murni akan memberikan imunostimulan yang sangat dibutuhkan ibu saat mendekati proses bersalin. Kandungan gula dan karbohidrat dalam madu murni ini menambah energi sebelum melahirkan yang akan meningkatkan stamina ibu.

 

5. Cokelat Hitam

 

 

Cokelat hitam menjadi sumber energi selanjutnya yang bisa dikonsumsi saat proses melahirkan sudah dekat. Kandungan sedikit gula dalam cokelat hitam akan memberi dorongan energi tambahan, sedangkan kafein dan theobromine akan berfungsi sebagai vasodilator dan kandungan flavonoid di dalamnya akan merelaksasi pembuluh darah serta otot halus selama proses melahirkan.

 

6. Pasta Polos

Pasta polos yang tidak ditambahkan dengan saus menjadi alternatif makanan pembangkit energi selanjutnya yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil sebelum melahirkan. Kandungan karbohidrat dalam pasta akan memberikan ekstra energi untuk mempersiapkan tubuh melewati proses bersalin.

Pilihan jenis pasta terbaik adalah pasta gandum yang diolah dengan cara direbus dan langsung disantap selagi hangat.

 

7. Sup

Untuk mencukupi asupan cairan yang sangat dibutuhkan selama proses melahirkan dan sumber energi, Anda bisa mengonsumsi sup yang terbuat dari kaldu ayam atau daging asli serta tambahkan juga dengan banyak jenis sayur serta tahu. Anda bisa membuat sup ini dan disimpan dalam lemari es untuk dikonsumsi saat mendekati waktu bersalin.

Baca juga: Sudah Hamil tapi Ingin Anak Perempuan? Ssst, Ada Tipsnya, Lho!

 

8. Roti Gandum

 

 

Menghadapi proses bersalin, mengkonsumsi nasi beserta lauk-pauk mungkin terlalu berat. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi roti gandum polos. Roti yang menjadi sumber energi ini tidak perlu diisi dengan daging atau semacamnya tetapi Anda bisa menambahkan selai buah asli buatan sendiri supaya gizinya lebih lengkap.

Demikian ulasan dari kami tentang beberapa sumber makanan penambah tenaga yang sangat baik dikonsumsi untuk menghadapi persalinan. Pastikan Anda menggunakan berbagai bahan berkualitas dan terbaik untuk hasil yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.