- Bayi

7 Tips Menghemat Pengeluaran Keperluan Bayi 0-3 Bulan

Semua orang tua pastinya menginginkan yang terbaik untuk anak dan tidak jarang sering menguras tabungan hanya untuk membeli perlengkapan keperluan bayi 0-3 bulan. Kehadiran seorang bayi dalam keluarga memang merupakan saat-saat paling membahagiakan terutama bagi keluarga muda atau baru. Perasaan bahagia tersebut tidak dapat diganti dengan apa pun juga.

Namun, hal yang seharusnya Anda lakukan dan lebih penting adalah mulai menghemat pengeluaran dengan baik sebab anak akan terus tumbuh dan memilki lebih banyak keperluan lainnya. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta terbaik yang bisa Anda lakukan? Langsung saja simak beberapa tips selengkapnya berikut ini.

 

1. Berikan ASI

Saat bayi dilahirkan, makanan terpenting yang harus diberikan adalah ASI. Selain itu, ASI eksklusif secara tidak langsung juga menghemat pengeluaran Anda sebab tidak perlu membeli banyak susu formula setiap bulannya.

 

2. Beli Pakaian Bayi Warna Netral dan Sederhana

Saat membeli keperluan bayi 0-3 bulan dan berencana memiliki momongan di kemudian hari, belilah pakaian bayi yang berwarna netral seperti putih, cokelat muda, abu-abu dan beberapa warna netral lainnya yang aman untuk bayi.

Perlu diketahui jika baju berwarna cerah mengandung banyak pewarna yang bisa saja berbahaya bagi bayi sehingga memilih warna nertal adalah pilihan terbaik untuk berhemat sekaligus menjaga kesehatan bayi.

 

3. Hindari Membeli Sepatu Bayi Baru Lahir

 

 

Perkembangan kaki bayi sangatlah pesat seiring dengan perkembangan tubuhnya dan mengenakan sepatu pada tahap awal perkembangan ini akan membuat bayi tidak nyaman. Pilihan terbaik adalah menggunakan kaus kaki saja.

Sedangkan jika bayi sudah berusia 9 sampai 12 bulan dan mulai berjalan, Anda bisa berikan kaus kaki all in one dengan sepatu atau skidders. Skidders memang sudah dirancang secara khusus untuk bayi dan balita dalam proses belajar jalan dan sudah dilengkapi dengan sol karet yang menyatu dengan kaus kaki sehingga lebih praktis dan menghemat pengeluaran Anda.

 

4. Pakai Popok Kain atau Cloth Diaper

Diaper sekali pakai akan membuat pengeluaran bulanan Anda semakin meningkat sehingga lebih baik dihindari. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan popok kain yang bisa menghemat pengeluaran. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cloth diaper yang sangat praktis dan ramah lingkungan serta bisa dipakai lebih dari 2 tahun.

 

5. Hindari Membeli Barang Branded

Saat memilih berbagai perlengkapan bayi, faktor utama yang harus diperhatikan bukanlah merek atau brand tetapi faktor kenyamanan barang tersebut. Jangan tergoda dengan berbagai baju dan perlengkapan bayi yang terlihat lucu dan menarik sebab semua itu sebenarnya hanya dipakai sementara waktu saja.

 

6. Membeli Furnitur Fungsi Ganda

 

 

Beberapa furnitur dan perlengkapan bayi saat ini banyak dijual sebagai peralatan multifungsi dan ini menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang baru memiliki momongan tetapi tetap ingin berhemat.

Beberapa barang, seperti contohnya kursi makan bayi yang juga bisa berfungsi sebagai kursi biasa, bisa digunakan cukup lama sampai bayi Anda mulai tumbuh dewasa. Ini juga menjadi salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta terbaik yang bisa Anda terapkan dalam keluarga.

 

7. Buat Makanan Bayi Sendiri

Berbagai produk makanan instan bayi yang tersedia di pasaran memang sangat praktis dan mudah tetapi harganya juga tergolong mahal dan bisa membuat pengeluaran Anda membengkak. Solusi terbaik adalah dengan membuat makanan bayi sendiri.

Meskipun agak sedikit repot, membuat makanan bayi sendiri akan sangat menghemat pengeluaran Anda dan gizinya juga lebih tinggi sebab menggunakan berbagai bahan alami yang bisa mendukung tumbuh kembang buah hati Anda.

Kebutuhan anak Anda akan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Mari mulai berhemat demi keperluan bayi 0-3 bulan sejak saat ini ya Mom!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.