- Kehamilan

Senam Ibu Hamil Tepat untuk Melancarkan Proses Persalinan

Ingin melahirkan secara normal? Melakukan senam ibu hamil adalah salah satu langkah yang bisa dilakukan. Selama menjalani masa kehamilan, seluruh organ di dalam tubuh calon ibu akan bekerja lebih berat sebanyak dua kali lipat karena menopang bobot dari kehamilan sehingga banyak ibu hamil yang mudah lelah, pusing, sakit pinggang, dan berbagai masalah pada tubuh lainnya.

Kebugaran selama masa kehamilan tetap harus dijaga dengan baik supaya masalah seperti nyeri punggung dan berbagai masalah masa kehamilan bisa dihindari dan mendapat bonus yang bentuk tubuh yang akan lebih cepat kembali normal sesudah melahirkan.

Olahraga menjadi pilihan tepat yang bisa dilakukan ibu dalam masa kehamilan agar merasa lebih nyaman saat tidur, memperbaiki mood, dan mengurangi rasa pegal di tubuh. Selain itu, olahraga juga sangat dibutuhkan menjelang persalinan sehingga daya tahan tubuh meningkat dan otot juga akan terlatih dengan baik. Ada beberapa jenis olahraga untuk ibu hamil yang bisa dilakukan seperti yang akan kami paparkan berikut ini.

 

1. Berenang

 

 

Berenang adalah olahraga untuk ibu hamil yang sangat baik dilakukan untuk melatih otot tangan dan juga kaki. Selain itu, berenang juga baik untuk meningkatkan kinerja jantung dan menjaga kestabilan berat badan ibu yang mengalami obesitas.

Saat berenang, ibu hamil disarankan untuk minum 1 gelas air setiap 15 menit sekali untuk mencegah dehidrasi dan 1 gelas lagi sesudah selesai berenang. Durasinya sendiri bisa dilakukan selama 30 menit dalam sehari.

Sementara gaya berenang yang cocok diterapkan oleh ibu hamil adalah gaya dada, gaya punggung, dan gaya bebas sebab tidak memerlukan terlalu banyak putaran dan tidak mengeluarkan tenaga terlalu banyak.

 

2. Jalan Kaki

Jalan kaki juga menjadi olahraga untuk ibu hamil yang baik untuk dilakukan agar peredaran darah tetap lancar dan keadaan tubuh bugar.

Jangan lupa untuk selalu membawa air minum saat melakukan olahraga ini supaya terhindar dari dehidrasi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat calon ibu ingin melakukan jalan kaki, yakni jangan dilakukan saat matahari sedang terik dan saat malam hari. Hindari juga jalan yang menanjak.

 

3. Senam

 

 

Gerakan senam hamil saat masa kehamilan bisa dilakukan dengan cukup mudah. Anda bisa memilih untuk tidak pergi ke luar rumah dengan mengikuti gerakan senam dalam DVD. Atau, Anda juga bisa mengikuti kelas senam sehingga bisa berinteraksi sekaligus bertukar ilmu dengan para ibu hamil lainnya.

Melakukan senam pada masa kehamilan sangat baik untuk melenturkan sekaligus menguatkan otot yang nantinya akan diperlukan agar lebih mudah melahirkan.

Baca juga: Tips Senam Hamil di Rumah untuk Menghindari Risiko Cedera

4. Yoga

 

 

Seperti halnya senam hamil, yoga juga baik dilakukan selama masa kehamilan. Tidak hanya berguna untuk menjaga kebugaran calon ibu, yoga juga bermanfaat untuk melatih pernapasan dan melatih relaksasi yang nantinya sangat dibutuhkan pada proses persalinan.

 

5. Peregangan

 

 

Melakukan latihan peregangan selama hamil akan meningkatkan fleksibilitas tubuh yang dibutuhkan saat proses persalinan. Selain itu, peregangan yang dilakukan secara teratur juga akan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan saat bersalin nanti sekaligus membuat ibu hamil lebih relaks.

 

6. Senam Kegel

 

 

 

Senam kegel sangat baik dilakukan untuk melatih sekaligus menguatkan otot panggul selama masa kehamilan. Salah satu jenis senam peregangan ini akan mempermudah proses persalinan sekaligus melatih beberapa otot lainnya seperti otot di sekitar uretra, rahim, kandung kemih, dan rektum.

Senam kegel cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu duduk atau berdiri selama 3 sampai 10 detik dan lakukan sebanyak 4 kali dalam sehari secara teratur.

Baca juga: 5 Tips Kembali Cantik Setelah Melahirkan Ala Seleb

7. Sepeda Statis

 

 

Olahraga untuk ibu hamil dengan sepeda statis tidak hanya baik dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu tetapi juga menyalurkan oksigen yang cukup ke otak janin selama masa kehamilan. Untuk durasi terbaik dalam menggunakan sepeda statis ketika hamil adalah 10 sampai 15 menit setiap hari.

Beberapa olahraga untuk ibu hamil di atas bisa menjaga kesehatan ibu hamil sekaligus melancarkan proses persalinan. Selain itu, beberapa olahraga ini juga sangat disarankan oleh para ahli untuk dilakukan rutin selama masa kehamilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *