- Anak

7 Makanan dan Vitamin Anak yang Bagus untuk Kecerdasan Anak

Anak sangat membutuhkan vitamin anak di masa pertumbuhan. Masa pertumbuhan seorang anak yang dimulai semenjak bayi akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan otak sehingga sudah menjadi tugas orang tua untuk memberikan segala yang terbaik agar perkembangan otak anak dapat berjalan dengan baik dan semakin meningkat.

Gizi dan nutrisi terbaik adalah dua hal yang sangat dibutuhkan untuk mendukung dan mengoptimalkan kecerdasan otak anak. Oleh karena itu, berikan selalu berbagai makanan sehat dan bagus seperti beberapa makanan untuk kecerdasan otak atau dikenal juga dengan nama brain food berikut ini.

 

1. Salmon

 

 

Salmon merupakan ikan yang sangat baik untuk dikonsumsi anak-anak guna mendukung kecerdasan mereka. Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi dan berperan penting dalam peningkatan kemampuan berpikir tidak hanya untuk anak tetapi juga orang dewasa.

Sementara kandungan yodium dalam salmon akan meningkatkan pembentukan sel saraf, menjaga kesehatan mental, dan juga mengatur mood anak sehingga bisa tetap dalam keadaan yang baik.

 

2. Sayuran Berwarna

Berbagai sayuran berwarna seperti ubi jalar merah, wortel, labu, bayam, brokoli, tomat dan juga kol merah menjadi beberapa makanan bayi 7 bulan terbaik untuk mendukung kecerdasan anak.

Sayuran berwarna ini sangat tinggi kandungan antioksidan yang akan menjaga kesehatan otak khususnya dalam tumbuh kembang anak. Untuk mengatasi anak yang susah makan sayur, Anda bisa mengolahnya menjadi beberapa menu lezat seperti cake, tempura sayur, bahan campuran mi, dan sebagainya.

 

3. Cokelat Hitam

 

 

Hampir semua anak sangat menyukai cokelat apa pun bentuknya. Cokelat, khususnya cokelat hitam yang memiliki rasa agak pahit ini juga menjadi makanan yang baik untuk mendukung kecerdasan anak serta ampuh mengontrol suasana hati. Kandungan flavonoid di dalamnya juga berkhasiat untuk menurunkan risiko demensia serta penurunan kognitif.

Cokelat hitam atau dark chocolate juga menjadi makanan yang sangat baik untuk meningkatkan memori serta fokus, mengurangi kadar stres, dan melindungi otak anak dari kerusakan. Selain itu, cokelat mampu merangsang hormon endorfin dalam tubuh yang sangat berhubungan erat dengan reseptor opiat di otak sehingga anak-anak akan terus merasa gembira sepanjang waktu.

Baca juga: 5 Makanan Penambah Nafsu Makan Anak Paling Efektif dan Aman

 

4. Aneka Jenis Buah Berry

 

 

Makanan yang sangat baik untuk kecerdasan anak selanjutnya adalah aneka jenis buah berry seperti strawberry, blueberry, blackberry, serta raspberry. Setiap buah berry ini mengandung antioksidan tinggi dan vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan daya ingat.

Sedangkan kandungan asam lemak omega 3 yang ada dalam biji buah berry juga berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

 

5. Yoghurt dan Susu

Yoghurt dan susu adalah sumber protein dan vitamin B yang sangat tinggi, begitu pun berbagai produk olahan dari susu lainnya. Kedua asupan ini juga baik dikonsumsi anak-anak sebab akan mendukung pertumbuhan jaringan otak anak dan neurotransmitter, serta merupakan sumber enzim tinggi.

Yoghurt dan susu juga membuat perut anak terasa kenyang lebih lama sehingga baik dikonsumsi untuk mengontrol berat badan buah hati Anda dan terhindar dari obesitas.

 

6. Daging Sapi Tanpa Lemak

 

 

Daging sapi tanpa lemak juga menjadi sumber makanan untuk meningkatkan kecerdasan yang sangat lezat dan disukai anak-anak. Kandungan zat besi dan mineral esensial dalam daging ini sangat dibutuhkan supaya anak bisa tetap konsentrasi sekaligus sebagai sumber energi mereka saat beraktivitas dan kandungan seng di dalam daging sapi juga akan mempertahankan daya ingat anak supaya tetap terjaga dengan baik.

Baca juga: 5 Resep Bekal Anak Sekolah Dasar Paling Praktis dan Sehat

 

7. Telur

Selain murah dan mudah didapat serta rasanya yang nikmat, ada banyak kandungan dalam telur yang berguna untuk mendukung kecerdasan anak seperti salah satunya protein. Meskipun kuning telur dikatakan sebagai sumber kolesterol tinggi tetapi kuning telur juga kaya akan kolin yang bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan daya ingat atau memori pada anak.

Itulah tadi beberapa makanan baik yang bisa Anda berikan untuk asupan anak sehari-hari sebagai cara mendukung perkembangan kecerdasan mereka. Variasikan jenis masakan Anda supaya menambah nafsu makan anak, khususnya untuk berbagai jenis sayuran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.