- Anak, Dunia Ibu

7 Ide Menu Sehari hari Murah Meriah untuk Sarapan Keluarga

Sarapan menjadi hal penting yang tidak boleh terlewat meski hanya dengan menu sehari hari murah meriah. Sarapan merupakan sumber energi di pagi hari untuk beraktivitas. Selain itu, sarapan juga memiliki peran penting dalam menjaga konsentrasi otak serta menjaga mood selama seharian penuh.

Tidak hanya penting untuk orang dewasa, sarapan juga dibutuhkan anak-anak, khususnya dalam masa pertumbuhannya. Hal yang menjadi kendala saat membuat sarapan adalah waktu yang terbilang singkat sehingga seringkali hanya menyantap makanan instan yang tidak terlalu sehat. Di sini, kami akan memberikan rekomendasi ide menu sehari-hari murah meriah yang sangat cocok disantap saat sarapan bersama seluruh keluarga.

 

1. Omelet Keju

 

 

Untuk membuat omelet keju, Anda hanya perlu waktu memasak antara 5 sampai 7 menit. Sementara bahan yang dibutuhkan adalah telur, keju, parutan wortel, dan irisan bayam.

Telur adalah makanan yang mengandung protein tinggi sehingga cocok dikonsumsi saat sarapan dan juga sebagai menu masakan harian di rumah. Selain itu, tambahan keju yang gurih dan nikmat membuat seluruh anggota keluarga Anda tentunya tidak akan menolak sarapan nikmat menyehatkan sebab dilengkapi juga dengan sayuran di dalamnya.

Cara membuatnya sangat mudah. Anda hanya perlu mencampur telur dan semua bahan menjadi satu dan masak di atas pan sampai matang, lalu hidangkan selagi hangat.

 

2. Roti Bakar Buah Naga

 

 

Untuk membuat menu sarapan ini, Anda membutuhkan waktu antara 10 sampai 14 menit dan menyediakan roti tawar serta selai buah naga.

Untuk sebagian orang, menyantap nasi saat sarapan mungkin terasa cukup berat dan terlalu mengenyangkan. Sebagai solusinya, Anda bisa menyiapkan roti bakar selai naga yang sangat praktis dan juga lezat.

Roti merupakan pengganti karbohidrat sementara selai buah naga kaya akan vitamin serta mineral untuk mencukupi gizi harian keluarga Anda.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mengoleskan kedua roti dengan selai buah naga dan panggang roti sampai matang. Roti pun siap dihidangkan.

 

3. Salad Kentang

 

 

Untuk membuat menu sarapan ini, Anda membutuhkan waktu memasak antara 7 sampai 10 menit. Sementara untuk bahan yang harus dipersiapkan adalah kentang kukus, telur rebus, minyak zaitun, mayones, dan mentimun.

Menu sarapan ini sangat cocok bagi keluarga yang menjalankan hidup sehat dan menghindari nasi dalam setiap menu masakan harian di rumah.  Dengan makanan ini, kebutuhan karbohidrat harian akan tercukupi dan bisa menjadi sumber tenaga yang baik.

Yang perlu dilakukan adalah memotong bahan-bahan di atas menjadi bagian yang kecil lalu letakkan dalam bowl dan campur dengan minyak zaitun serta mayones. Tambahkan sedikit lada dan garam sebagai bumbu tambahan.

 

4. Orak Arik Kembang Kol dan Bakso

 

 

Menu sehari-hari murah meriah ini tidak hanya cocok dinikmati untuk makan siang atau makan malam, tetapi bisa juga menjadi menu sarapan praktis padat gizi. Anda hanya perlu menyiapkan telur, bakso, dan kembang kol untuk membuat masakan ini hanya dalam waktu 7 sampai 12 menit saja.

Perpaduan telur, kembang kol, dan bakso dalam sarapan ini sangat sehat dan tentunya disukai anak-anak karena tambahan bakso dalam makanan. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menumis sayuran bersama bumbu seperti garam, lada, dan bawang putih sampai matang dan layu lalu masukkan telur kocok dan masak sampai matang.

 

5. Sandwich Telur

 

 

Satu lagi menu sarapan praktis, lezat, dan murah memakai bahan dasar telur yakni sandwich telur. Untuk membuatnya, siapkan roti gandum, keju, telur, acar mentimun botolan, dan tomat. Waktu memasak yang dibutuhkan hanya 7 sampai 10 menit.

Roti gandum merupakan sumber karbohidrat serta serat yang akan membuat perut Anda sekeluarga kenyang lebih lama. Sedangkan telur menjadi sumber protein sekaligus penambah kenikmatan menu sarapan ini.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menggoreng telur dan letakkan di atas roti gandum yang sudah dipanggang, lalu tambahkan sisa bahan lainnya.

 

6. Bubur Ayam Oatmeal

 

 

Menu sehari-hari murah meriah  selanjutnya adalah bubur ayam oatmeal yang bisa langsung disajikan dalam waktu 10 menit saja. Silakan Anda persiapkan oatmeal instan, potongan daging ayam, susu, jagung manis, buncis, dan wortel.

Silakan Anda tumis bawang putih lalu tambahkan bawang bombay dan aduk sampai layu, kemudian masukkan semua sayuran dan ayam, masak sampai lunak. Terakhir, tinggal tambahkan susu dan rebus sebentar lalu tambahkan oatmeal dan aduk rata. Sajikan selagi hangat.

 

7. Sereal Buah Komplit

 

 

Rekomendasi terakhir untuk menu sarapan keluarga adalah sereal buah komplit yang sangat menyegarkan, sehat, sekaligus disukai anak-anak. Waktu persiapan juga sangat singkat yakni antara 7 sampai 10 menit. Sedangkan bahan yang harus dipersiapkan hanya sereal, aneka buah kesukaan keluarga, susu, serta madu.

Resep yang satu ini cocok untuk keluarga yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan sarapan tetapi tetap menginginkan sarapan sehat dan sarat nutrisi. Masukkan sereal ke dalam bowl dan tambahkan irisan buah, madu, serta susu. Sereal pun bisa langsung disantap sebagai menu sarapan.

Sarapan sehat adalah awal untuk hari-hari produktif. Bila sarapan nikmat bisa diciptakan, kenapa harus meninggalkan sarapan? Selamat mencoba menu sehari hari murah meriah untuk sarapan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.