- Bayi

7 Hal Tentang Bayi Baru Lahir yang Harus Bunda Tahu

Mengurus bayi baru lahir itu seru tetapi juga memusingkan ya, Bunda? Beberapa hal kecil dapat membuat ibu menjadi panik. Karena itu, Bunda perlu tahu hal-hal tentang bayi baru lahir berikut agar lebih tenang.

 

1. Kotoran pertama bayi sama sekali tidak berbau

Kotoran bayi pertama kali berwarna hitam. Kotoran ini biasa disebut dengan mekonium yang berasal dari mucus, cairan yang berada dalam perut ibu dan semua hal yang janin cerna di dalam perut ibu.

Mekonium tidak mengandung bakteri yang biasa membuat kotoran berbau. Kotoran bayi mulai berbau saat ia mulai makan pertama kali. Saat itulah bakteri akan mulai membentuk koloninya. Setelah lewat satu hari atau lebih, barulah kotoran bayi akan berwarna kuning atau hijau dengan bau yang umum kita kenal.

 

2. Kadang bayi berhenti bernapas

Saat tidur, kadang bayi berhenti bernapas selama 5-10 detik. Hal ini cukup untuk membuat ayah dan ibu baru panik. Napas yang tidak beraturan pada bayi adalah hal yang wajar.

Namun jika napasnya berhenti lebih lama atau bayi terlihat membiru, segeralah bawa ke dokter. Saat bayi senang atau baru saja menangis, bayi akan bernapas 60 kali dalam satu menit.

 

3. Pertama kali menangis, bayi tidak mengeluarkan air mata

Bayi mulai menangis sekitar 2 hingga 3 minggu usianya tetapi mereka menangis tanpa air mata. Air mata baru akan keluar setelah bayi berusia 1 bulan.

Sore hari atau awal waktu malam adalah waktu yang paling memusingkan untuk bayi. Mungkin inilah alasan ibu-ibu zaman dulu menyarankan agar bayi selalu dalam gendongan kita saat sore hari.

Biasanya mereka akan rewel meski tidak ada sebab yang jelas. Sayangnya, tidak ada yang dapat Ayah-Bunda lakukan kecuali menggendong untuk menenangkannya.

Bayi menjadi sangat rewel saat ia berusia sekitar 6 sampai 8 minggu (terutama untuk bayi yang lahir cukup umur).

Ayah dan Bunda tidak perlu khawatir karena setelah 3 bulan, masa rewel bayi akan mulai berkurang dan bayi akan lebih tenang. Bayi prematur biasanya lebih tua dari usia karena mereka lahir lebih dulu.

 

4. Bayi baru lahir memiliki payudara

Bayi baru lahir, baik laki-laki ataupun perempuan terlihat seperti memiliki payudara. Bahkan kadang ada yang juga mengeluarkan air susu. Namun jangan coba untuk menekannya.

Kondisi ini terjadi karena bayi menyerap sebagian estrogen dari ibu. Dalam beberapa minggu, payudara itu akan hilang. Bayi perempuan mungkin juga akan mengalami menstruasi tetapi hanya sedikit (biasa disebut dengan small periods).

 

5. Bayi suka memiringkan kepalanya ke arah kanan

Hanya 15 persen bayi yang suka menengok ke kiri saat mereka tidur. Sepertinya sih, karena faktor genetik. Sama halnya dengan lesung pipi. Kondisi ini biasanya terlihat selama beberapa bulan.

Bisa jadi ini juga menjelaskan mengapa lebih banyak orang yang menggunakan tangan kanan dalam aktivitas sehari-hari.

 

6. Bayi memiliki lebih banyak sel otak

Meskipun otak bayi akan berkembang lebih besar—dua kali di tahun pertamanya—,otak  bayi telah memiliki sel saraf yang juga membawa pesan.

Pesan elektrik yang dimaksud adalah memori-memori yang nantinya akan saling berhubungan. Inilah yang membentuk  tingkah laku atau karakter keseharian bayi.

Kebanyakan neuron bayi tidak akan tergantikan saat rusak dan  mati. Itulah mengapa ketika besar, bayi lebih sedikit memiliki sel-sel saraf.

Koneksi antara sel-sel tersebut akan terpotong seiring dengan pertambahan usia bayi, yang akan membuat mereka lebih fokus tetapi kreativitasnya menurun.

 

7. Bayi laki-laki dapat mengalami ereksi

Ereksi biasanya terjadi saat bayi ingin buang air. Belum ada yang tahu apa yang menjadi penyebabnya. Namun tidak ada yang perlu dikhawatirkan atau menjadi malu karenanya. Mungkin saat Bunda menjalani pemeriksaan dengan USG, Bunda juga pernah melihat kondisi bayi seperti ini.

Penis bayi kemungkinan terlihat besar saat lahir. Ini juga normal kok. Kemungkinan karena pengaruh hormon bayi dan Bunda, sebagaimana kondisi bayi yang membiru atau mengembang saat ia dilahirkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.