- Menyusui

6 Tips Agar Payudara Kencang Setelah Menyusui

Sesudah proses memberikan ASI eksklusif kepada buah hati, Anda mungkin mulai kebingungan dan cemas dengan tampilan payudara yang mengendur dan tidak sekencang dulu. Pastikan agar payudara kencang setelah menyusui.

Seperti yang kita ketahui, payudara menjadi salah satu aset yang tetap harus dijaga keindahannya sampai kapan pun dan sudah seharusnya kita melakukan beberapa perawatan terbaik untuk mengembalikan kekencangan payudara sesudah menyusui. Berikut ini adalah beberapa cara mengencangkan payudara secara alami dan cepat yang bisa Anda lakukan di rumah.

 

1. Konsumsi Buah Pepaya Muda

Buah pepaya muda mengandung enzim yang efektif untuk meningkatkan pertumbuhan payudara Anda dan juga mengandung banyak vitamin A serta hormon pengencang sehingga akan merangsang produksi dari hormon wanita seperti progesteron, estrogen, dan prolaktin. Akhirnya tampilan payudara Anda akan terlihat jauh lebih kencang.

Anda bisa membuat 1 gelas jus pepaya mengkal dan tambahkan dengan susu kedelai, madu, serta air jeruk nipis lalu minum secara teratur 2 kali dalam sehari. Kandungan phtyoestrogen dalam susu kedelai juga akan meningkatkan proses pengencangan payudara Anda semakin cepat.

 

2. Masker Payudara Tepung Beras

Masker payudara yang terbuat dari tepung beras juga menjadi cara terbaik  agar payudara kencang setelah menyusui. Tepung beras akan memberikan tampilan kulit payudara yang terlihat lebih halus, mengencangkan payudara, memperindah bentuk payudara, dan mencegah penuaan dini.

  • Anda hanya cukup berbaring telentang dan bersihkan payudara lebih dulu dengan air hangat.
  • Usapkan masker tepung beras ini pada payudara Anda secara lembut dan diamkan selama 10 sampai 15 menit.
  • Bersihkan payudara dengan handuk basah dan keringkan.
  • Jangan lupa untuk menutup area puting dengan kapas sebelum mengaplikasikan masker ini.

 

3. Rutin Berolahraga

 

 

Tidak hanya area perut, tangan, paha, dan bokong yang bisa dibentuk dengan cara olahraga. Namun cara mengencangkan payudara secara alami dan cepat juga bisa dilakukan dengan olahraga. Olahraga sangat baik untuk merangsang otot pektoralis mayor dan juga minor tempat menggantungnya payudara wanita.

Aliran darah akan semakin lancar dan otot-otot tersebut semakin kencang sehingga tampilan payudara semakin terangkat, berbentuk, sekaligus kencang dengan alami sekaligus memperbesar ukuran payudara Anda.

 

4. Gunakan Bra Penyangga

Seusai menyusui, Anda juga perlu mengenakan bra yang tepat seperti bra yang dilengkapi dengan kawat penyangga dan juga ukuran tali yang lebih lebar sehingga payudara bisa ditopang lebih baik serta tidak bergeser dengan mudah.

 

5. Pijat dengan Air Dingin dan Panas

Air panas sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi darah, sedangkan air dingin sangat baik untuk mengencangkan kulit di area payudara Anda. Cara paling mudah adalah selalu mandi menggunakan air dingin.

Anda juga dapat memijat payudara dengan handuk basah hangat dan lanjutkan dengan memijat payudara memakai es batu memakai gerakan melingkar selama kurang dari 1 menit agar payudara tidak mati rasa.

 

6. Jaga Pola Makan

 

 

Agar payudara kencang setelah menyusui, para wanita juga harus lebih banyak mengonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan. Selain itu, konsumsi juga beberapa jenis makanan lain yang mengandung vitamin B dan vitamin E tinggi supaya mencegah payudara mengendur kembali. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi di antaranya adalah susu dan olahan susu seperti keju atau yoghurt, telur, dan daging.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.