- Bayi

6 Menu MPASI 6 Bulan Pertama Sehat dan Mudah

MPASI merupakan singkatan dari Makanan Pendamping ASI yang diberikan setelah bayi berusia 6 bulan. Menu MPASI 6 bulan pertama tidak boleh diberikan kepada bayi terlalu dini seperti saat masih berusia 4 bulan sebab perut bayi belum siap menerima makanan berbentuk padat akan menimbulkan masalah pada pencernaan buah hati.

Makanan bayi 6 bulan harus mengandung sumber energi yang tinggi, lemak, dan juga protein supaya bayi bisa tetap bergerak dengan aktif. Selain itu, makanan bayi juga harus divariasikan dengan karbohidrat, protein nabati, protein hewani, sayuran, dan juga buah agar semua kebutuhan gizi pertumbuhan bayi bisa terpenuhi.

Makanan paling baik untuk bayi Anda adalah makanan buatan sendiri dan bukan makanan instan atau makanan yang dibeli matang, sebab lebih higienis dan terjamin mutunya. Makanan pendamping ASI ini biasa dibuat dalam bentuk puree, yakni makanan dilembutkan dengan menggunakan blender, penggiling, atau food profesor sejenis.

Untuk itu, kami memiliki beberapa resep MPASI 6 bulan homemade dalam bentuk puree yang tepat untuk bayi usia 6 bulan sebagai referensi bagi Anda, para ibu baru.

 

1. Puree Alpukat Pisang

 

 

Buah alpukat mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang bayi seperti asam folat, vitamin E, dan juga lutein yang bisa meningkatkan penyerapan vitamin larut lemak sehingga sangat baik digunakan sebagai makanan bayi 6 bulan. Sementara buah pisang mengandung kalium yang baik untuk kesehatan jantung, otot, dan juga darah buah hati Anda.

  • Siapkan 1 buah pisang dan 1 buah alpukat matang dan segar, lalu haluskan dengan food processor sampai halus dan membentuk krim yang lembut.
  • Jika tidak memiliki food processor, Anda bisa menggunakan blender atau garpu. Namun pastikan kedua bahan tersebut dilumatkan sampai benar-benar halus.

 

2. Puree Pepaya

 

 

Resep MPASI 6 bulan homemade berikutnya adalah puree pepaya yang sangat baik diberikan kepada bayi untuk melancarkan buang air besar. Selain itu, buah pepaya mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan vitamin E, serta tinggi akan serat dan juga enzim papain yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan bayi.

  • Siapkan 1 potong buah pepaya yang sudah benar-benar matang dan manis.
  • Untuk menghaluskan pepaya, Anda bisa menggunakan saringan kawat atau blender.

Campur puree pepaya tersebut dengan ASI dan siap untuk diberikan kepada bayi Anda dalam keadaan segar.

 

3. Puree Ubi

 

 

Tidak hanya berguna untuk orang dewasa, ubi juga sangat baik dikonsumsi dan dijadikan resep MPASI 6 bulan homemade. Ubi memiliki banyak kandungan vitamin, antioksidan, dan juga serat yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi bayi di samping rasanya yang nikmat.

  • Siapkan ubi ukuran sedang, lalu panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius.
  • Cuci bersih ubi dan tusuk-tusuk dengan garpu.
  • Tempatkan ubi dalam loyang dan panggang selama 45 menit sampai ubi empuk.
  • Keluarkan dari dalam oven dan belah menjadi 2 bagian, lalu keluarkan bagian daging ubi yang sudah lembut.
  • Masukkan ke dalam food processor dan haluskan.

Tambahkan dengan sedikit ASI sehingga adonan ubi menjadi lembut seperti pasta.

 

Baca juga: 7 Makanan dan Vitamin Anak yang Bagus untuk Kecerdasan Anak

 

4. Puree Apel dan Pir

 

 

Kedua buah yang digunakan sebagai makanan bayi 6 bulan ini sangat kaya akan vitamin A, asam folat, dan kalsium yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi dan juga menjaga kesehatan pencernaan bayi sehingga sangat cocok diberikan untuk makanan padat awal untuk buah hati Anda.

  • Siapkan buah apel dan pir segar yang sudah matang, lalu kupas dan potong dadu.
  • Rebus apel dan pir yang sudah dipotong-potong dengan sedikit air selama sekitar 10 menit sampai empuk.

Setelah matang, haluskan dengan garpu atau food processor.

 

5. Puree Brokoli

 

 

Brokoli memiliki kandungan vitamin C tinggi yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh bayi. Sementara kandungan fitokimia dalam brokoli sangat baik untuk mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh. Selain itu, brokoli juga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah alergi karena memiliki sifat anti inflamasi dan baik untuk mencegah sembelit. Resep MPASI 6 bulan homemade brokoli selengkapnya bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Siapkan brokoli ukuran sedang, lalu cuci dengan baik di bawah air mengalir.
  • Potong 1 inci pada bagian bawah brokoli dan gunakan bagian kuntumnya saja.
  • Kukus brokoli selama 8 sampai 10 menit hingga empuk.
  • Masukkan brokoli ke dalam blender dan tambahkan dengan sedikit air, lalu haluskan sampai lembut.

 

Baca juga: Apa Itu Baby Led Weaning dan Risikonya untuk Si Kecil?

 

Demikian ulasan kami kali ini tentang makanan bayi 6 bulan pendamping ASI yang sehat, bergizi, dan sangat mudah dibuat. Pastikan selalu menggunakan bahan yang segar dan berkualitas sehingga membuat tubuh bayi lebih sehat dan membantu proses tumbuh kembangnya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.